Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat

Feni Meilani, Nita Hidayati

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk merepresentasikan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu 29 siswa kelas VIII di salah satu SMP yang terletak di Kabupaten Cirebon. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tiga soal uraian. Indikator koneksi matematis yang diuji yaitu mengaitkan antar topik dalam matematika, menggunakan kaitan antar topik matematika dengan bidang lain, dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 siswa dipilih 3 siswa sebagai subjek yang mewakili setiap kategori kemampuan koneksi matematis, siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi dapat memenuhi semua indikator, siswa dengan kemampuan koneksi matematis sedang hanya memenuhi satu indikator koneksi matematis yaitu mengaitkan antar topik dalam matematika, sedangkan siswa dengan koneksi matematis rendah tidak dapat memenuhi semua indikator koneksi matematis.

This study intends to represent students' mathematical connection abilities in quadrilateral material. The research method used is descriptive with a qualitative approach. The subjects in the study were 29 class VIII students at a junior high school located in Cirebon Regency. The research instrument used is in the form of three description questions. The indicators of mathematical connections tested are links between topics in mathematics, using links between mathematical topics and other fields, and using mathematics in everyday life. The data collection technique used in this research is the test method. Data analysis techniques in research consisted of three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that out of 29 students, 3 students were selected as subjects representing each category of mathematical connection ability, students with high mathematical connection ability could fulfill all indicators, students with moderate mathematical connection ability only met one indicator of mathematical connection, namely linking between topics in mathematics, whereas students with low mathematical connection cannot fulfill all indicators of mathematical connection.

 

 


Keywords


Analysis; Mathematical Connection Ability; Quadrilaterals;

Full Text:

PDF

References


Angelina. M., & Effendi. K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas IX. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 383-394.

Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135-1142.

Aspuri., & Pujiastuti. H. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 124-131.

Azizah, D. N., Hidayanto, E., & Sisworo. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Polya. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10 (2), 256-267.

Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas VIII Di Kota Cimahi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 333-346.

Fadilah. R. R., Sumarni., & Adisatuty. N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika), 7(1), 17-30.

Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 542-558.

Khoirunnisa., & Hasanah. R. U. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1397-1410.

Linda., Bernard. M., & Fitriani. N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Segiempat dan Segitiga Berdasarkan tahapan Berpikir Van Hiele. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 233-242.

National Council of Teacher Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Nugraha, A. A. (2018). Analisis koneksi matematis siswa pada materi SPLDV. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59-64.

Nursaniah, L., Nurhaqiqi, N., & Yuspriyati, D. N. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 857-862.

Primelasari, A. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas Vii A SMP Kanisius Gayam Dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ramdhani, M. R., Widiyastuti, E., & Subekti, F. E. (2016). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kembaran Materi Bangun Datar. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahputri, A. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IX SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 995-1006.

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39.

Zainudin, M., & Utami, A. D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau Dari Koneksi Matematis. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 41-48.

Zuyyina, H., Wijaya, T. T., & Senjawati, E. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Lingkaran. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2), 79-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i1.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.