Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya

Nisrina Fatin, Lukman Harun, Lilik Ariyanto, Agus Supriyanto

Abstract


Kurangnya hasil akhir belajar siswa yang optimal yang kurang sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam standar proses menjadi dasar penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 36 Semarang pada materi perbandingan dengan menggunakan metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan model yang digunakan menurut Kurt Lewin terdapat 4 langkah yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwasanya rerata hasil akhir belajar siklus 1 adalah 74,69 dengan persentase ketuntasan 66%, sedangkan siklus 2 dengan rerata 82,81 dengan persentase ketuntasan 84%. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil akhir belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII A SMP Negeri 36 Semarang.


Keywords


tutor sebaya; hasil belajar siswa; perbandingan

Full Text:

PDF

References


Abrianto, O. R. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas Xi Mipa 4 Sma Negeri 1 Ambarawa. Satya Widya, 35(1), 62–74. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p62-74

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Arikunto, S. (1988). Pengelolaan Siswa & Kelas (Sebuah Pendekatan Evaluatif). W. Rajawali.

Arya. (2010). Teori belajar BehaviorismeTeori belajar Behaviorisme.

Effendi, M., & dan S. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 40.

Handayani, I. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Negatif Melalui Metode Tutor Sebaya Kelas VI SD Negeri Batubantar Kecamatan Cimanuk Tahun Pelajaran 2019-2020 (Penelitian Tindakan Kelas). Metakognisi, 4(2), 70–81.

Indriani, A. M. F., & Mutmainnah, S. (2016). Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Accounting and Business Education, 2(2).

Khasanah, U. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Mojogedang Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.

Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2014). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash Dan Handout Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1).

OECD. (2018). Indonesia Country Note PISA 2018 Results. OECD Publishing.

Panggabean et al. (2021). Konsep & Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Prasojo, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus.

Ritaningsih. (2017). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kegiatan Metode Tutor Sebaya dalam Pengajaran Remedial Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII C Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal.

Sabaruddin. (2009). Peranan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sdn Inpres Karawa Kab. Pinrang Pada Pokok Bahasan KPK dan FPB. UPP PGSD Pare Pare.

Septiana, I. P. D. W. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya Materi Bangun Datar Kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.

Sihotang, H. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. UKI Press.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Metro. Lampung.

Tampubolon, S. M. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Keilmuan. PT Gelora Akasara Pratama.

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atase. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 67–82.

Wulandari, F. (2010). Aplikasi Metode Tutor Sebaya Pada Materi Teorema Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII SMP N 10 Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i1.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.