ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Riki Riki, Kusno Kusno

Abstract


Motivasi belajar merupakan dorongan yang terdapat pada suatu individu untuk mengerjakan suatu tindakan dalam konteks pembelajaran dengan maksud mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis terkait peranan serta hubungan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari artikel yang relevan pada google scholar dengan kata kunci motivasi belajar siswa terhadap prestasi matematika. Beberapa artikel yang digunakan oleh peneliti ialah artikel yang dipublikasikan dengan rentang waktu 2019 sampai dengan 2023. Adapun teknik analisis datanya yaitu dengan mengelompokkan artikel-artikel tersebut menjadi beberapa kelompok, kemudian diinterpretasikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sangat berperan penting dalam peningkatan prestasi belajar, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Selain itu, motivasi belajar juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Dimana semakin besar motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa, maka prestasi belajar matematikanya juga akan semakin besar.

 

Kata kunci :

Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Matematika.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., & Pauweni, K. A. Y. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11807

Asmelia, S. P., & Fitria, Y. (n.d.). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar (Vol. 8). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd

Budiyani, A., Marlina, R., Eka Lestari Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang, K., Hs Ronggo Waluyo, J., Telukjambe Timur, K., & Karawang, K. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Vol. 8, Issue 2).

Dongoran, F. R., & Yulia Syaputri, V. (2022). ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. 3(1).

Hikmah, S. N., & Saputra, H. (n.d.). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika (Vol. 5, Issue 1).

Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Tri Muhammad Rahmatullah, P., Kurniawan, E., & Hayati, L. (n.d.). Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 2 Nomor 4, Desember 2022 Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 2 Nomor 4, Desember 2022 |942. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index

Mukti, N., Sridana, N., Triutami, T. W., & Sarjana, K. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2324–2332. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.973

Novenia, O. :, Wulansari, H., & Manoy, J. T. (2020). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. In JPPMS (Vol. 4, Issue 2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992

Pedagogi, J., Pembelajaran, D., Putu, N., Windi, E., Pertiwi, P., Made Suarjana, I., Arini, N. W., Guru, J. P., & Dasar, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika. JP2, 2(3).

Waritsman Universitas Madako Tolitoli Korespondensi Penulis, A. (2020). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. In Jurnal Penelitian (Vol. 2, Issue 1).

Rismawati, N., Kadarisma, G., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (n.d.). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.