PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GAME EDUKASI LAKER KELAS VII DI SMPN 2 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika menggunakan game edukasi laker dan mengetahui kualitas media pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, aspek kelayakan, aspek kepraktisan. Penelitian yang digunakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analisis , perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Kota Jambi. Instrument penelitian pada pengembangan ini berupa angket. Angket terdiri dari lembar validasi oleh tiga orang ahli, yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media serta angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli desain diperoleh rata-rata 4,3 yang termasuk dalam kategori “baik” dan jika diperesentasekan mendapat nilai 86% sehingga termasuk dalam kategori “layak”. Ahli materi diperoleh rata-rata 4,4 yang termasuk dalam kategori “baik” dan jika diperesentasekan mendapat nilai 88% sehingga termasuk dalam kategori “layak”. Ahli media diperoleh rata-rata 4,6 yang termasuk dalam kategori “sangat baik” dan jika diperesentasekan mendapat nilai 92% sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”. Penilaian oleh siswa dilakukan dalam tiga tahap, uji perorangan diperoleh total rata rata 3,83 yang termasuk dalam kategori ”baik”, uji coba kelompok kecil diperoleh total rata-rata 4 yang termasuk dalam kategori “baik”, uji coba lapangan diperoleh rata-rata 4,47 yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian media pembelajaran matermatika berbasis game edukasi laker ini dinyatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Adiwijaya, M. Imam S,K dan Christyono, Y., 2015 , Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.
Ali Hamzah. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persuda.
Arief S. Sadiman, 2006. Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto Suharmi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Dwipayanti , Ni Md Ari. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Addie Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Pangkungparuk. Skripsi. Tidak diterbitkan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Eko Putro Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Giri Putri, Ida Ayu dkk. 2013. Pengembangan Tes Matematika Berbasis SK/KD Dengan Teknik Concurent Pada Mahasiswa Kelas VI Di SD Negeri Se Kecamatan Gianyar. eJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Volum 3 Tahun 2013).
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Novaliendry Dony, 2013. Aplikasi game geografi berbasis multimedia interaktif (studi kasus siswa kelas ix smpn 1 rao).
Permana, D. S. H., 2015. Perancangan Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Jurusan Teknik Informatika, Universitas Trilogi.Jakarta Selatan.
Putra, Wahyu, Dian, dkk. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Muda. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol.1, No.1, Maret 2016. Diambil dari: http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/7/12. 3 Agustus 2017.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Semiawan, Conny. R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.
Sudjana, Rivai.1992. “Manfaat Media Pengajaran”.Bandung: PT. Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyu Wibisono, Lies Yulianto, Perancangan Game Edukasi Untuk Media Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama Persatuan Guru Republik Indonesia Gondang Kecamatan
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i1.274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |