PENERAPAN PEMBELAJARAN ELPSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PELUANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk medeskripsikan penerapan pembelajaran ELPSA yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi peluang. Penelitian dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan pada 30 siswa kelas VIII H SMPN 1 Kertosono melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta post test untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran ELPSA selama dua siklus. Data hasil belajar yang diperoleh kemudian dihitung persentase ketuntasan klasikalnya pada setiap siklus untuk selanjutnya dianalisis keberhasilan proses pembelajaran yang diterapkan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan klasikal dari 50% pada pretest menjadi sebanyak 73,33% siswa tuntas. Penelitian kemudian dilanjutkan ke siklus 2 dan memperoleh peningkatan ketuntasan klasikal menjadi sebanyak 86,67% siswa tuntas setelah diterapkan pembelajaran ELPSA. Oleh karena itu diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran ELPSA yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terdiri dari lima komponen yaitu experience, language, pictorial, symbolic, application dengan bantuan aplikasi “wheel of names” pada siklus 1 dan masalah kontekstual pertandingan sepak bola pada siklus 2.
ABSTRACT
This Classroom Action Research aims to describe the implementation of ELPSA learning that can improve students’ learning outcomes in probability material. This research is carried out in the 4 stages of planning, implementation, observation, and reflection. Collecting data is done on 30 students of VIII H SMPN 1 Kertosono through teacher and students activities sheets and post-test to find out the learning outcomes after the implementation of ELPSA learning. Then learning outcomes data were calculated to get know the percentage of classical competencies in each cycle for further analysis of the learning successes applied to improve learning outcomes. Based on the research, there is an improvement in students’ learning outcomes on the first cycle marked by the improvement of classical competencies from 50% on the pretest to 73.33%. The research continued to the second cycle and the result is the classical competencies improved to 86.67%. Hence, the conclusion is the ELPSA learning that can improve students’ learning outcomes consists 5 components of experience, language, pictorial, symbolic, and application with using a “wheel of names” application on the first cycle and contextual problems about football match on the second cycle.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febrilia, B. R. A., & Patahuddin, S. M. (2019). Investigasi Tingkat Keterlibatan Matematika Siswa Melalui Analisis Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran ELPSA dan Implementasinya di Kelas. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 55–72.
Firdayati, L. (2019). Penggunaan Model ELPSA dengan Bantuan Alat Peraga Geoboard pada Materi Bangun Datar Segi Empat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 133–145. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1767
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34–44.
Herwandi, & Kaharuddin, A. (2020). Exploration of the Influence of Learning ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, and Applications) on the Understanding of Mathematical Concepts. In Indonesian Journal of Instructional Media and Model (Vol. 2, Issue 2). www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm
Johar, R., & Hajar, S. (2016). Implementation of ELPSA Framework in Teaching Integral Using Technology. In International Journal of Science and Applied Technology IJSAT (Vol. 1, Issue 1). http://ijsat.unri.ac.id
Johar, R., Nurhalimah, & Yusrizal. (2016). Desain Pembelajaran ELPSA pada Materi Pencerminan. Edumatica, 6(2), 49–59.
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Lowrie, T., & Patahuddin, S. M. (2015a). ELPSA – Kerangka Kerja untuk Merancang Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 94–108.
Lowrie, T., & Patahuddin, S. M. (2015b). ELPSA as a Lesson Design Framework. Journal on Mathematics Education, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.22342/jme.6.2.2166.77-92
Mulyanto, H., Gunarhadi, G., & Indriayu, M. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37–45. https://doi.org/10.24331/ijere.408454
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Seta, E. P., Suherman, S., & Farida, F. (2021). Model Pembelajaran ELPSA: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kecemasan Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 156–168. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp156-168
Sukardjo, M., & Salam, M. (2020). Effect of Concept Attainment Models and Self-Directed Learning (SDL) on Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(3), 275–292. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13319a
Sukasno, Friansah, D., & Purwasi, L. A. (2018). Problem-Based Learning Model in ELPSA Framework on Mathematical Learning Process in Junior High School. Infinity Journal, 7(2), 183–190. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p183-190
Wahyuni, K. A., Masjudin, & Yuntawati. (2017). Penerapan Kerangka Kerja ELPSA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 124–130. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.286
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |


