ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Syifa Habibah, Rina Marlina

Abstract


Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika di kelas VIII. Penelitian ini bertujuan menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII di SMPN 5 Karawang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian merupakan tes uraian materi persamaan garis lurus yang kemudian dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu identifikasi masalah, strategi dan taktik, dan kesimpulan. Dari ketiga indikator tersebut, disimpulkan bahwa indikator “Kesimpulan” dengan rata-rata 1.61 merupakan indikator tersulit bagi siswa sedangkan indikator termudah yaitu indikator “Identifikasi Masalah” dengan rata-rata 1.92 dari skor maksimal 2. Secara keseluruhan, rata-rata skor ketercapain indikator kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah 5.21 termasuk baik. Adapun ragam kesalahan seperti kesalahan menggunakan rumus, kesalahan dalam mengartikan tujuan dari pertanyaan soal, kesalahan dalam menyimpulkan jawaban bisa diatasi melalui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui proses pembelajaran aktif.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Matematika; Siswa

Full Text:

PDF

References


Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High School in Solving Mathematical Problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758.

Christiyanto, D. Y., Sulandra, I. M., & Rahardi, R. (2018). Proses Berpikir Kritis Siswa Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1347–1358.

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Think_Critically. Pearson Education.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April). Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242–252.

Irawan, T. A., Rahardjo, S. B., & Sarwanto. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) (Vol. 21, pp. 232–236).

Kemala, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Smp Swasta Pelita Medan T.P 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Nazariah, N., marwan, marwan, & Abidin, Z. (2017). Intuisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 35–52.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Riskiyah, S., Jannah, U. R., & Aini, S. D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 111–122.

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelittian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanjungsari Dewi, R., Soedjoko, E., & Mashuri. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. UJME: Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1), 52–57.

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.