ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN KELAS X-OTKP 2 SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI ALO’OA

Jaya Saputra Laoli, Amin Otoni Harefa, Sadiana Lase

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Newman pada kelas X-OTKP 2 SMK Negeri 1 Gunungsitoli Alo’oa. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian diambil 5 dari 27 siswa kelas X-OTKP 2 SMK Negeri 1 Gunungsitoli Alo’oa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan berdasarkan teori Newman yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita adalah: (1) kesalahan membaca (2) kesalahan memahami (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir atau pengkodean. Kesalahan tersebut dapat dilihat dari persentase berikut : kesalahan membaca terjadi sebanyak 39,51%, kesalahan pemahaman terjadi sebanyak 51,85%, kesalahan transformasi terjadi sebanyak 67,9%, kesalahan keterampilan proses terjadi sebanyak 75,31% (kesalahan yang paling banyak dilakukan peserta didik), dan kesalahan pengkodean 66,67%.

Kata kunci : Analisis Kesalahan,Teori Newman, Soal Cerita.

ABSTRACT
This study aims to describe the errors made by students in solving story problems based on Newman's theory in class X-OTKP 2 SMK Negeri 1 Gunungsitoli Alo'oa. This research method is descriptive with a qualitative approach. Data was collected using the written test and interview methods. The research subjects were taken 5 out of 27 students of class X-OTKP 2 SMK Negeri 1 Gunungsitoli Alo'oa. The results of the study can be concluded that the types of errors based on Newman's theory that appear when students solve story problems are: (1) reading errors (2) understanding errors (3) transformation errors, (4) process skill errors, and (5) writing errors. final answer or coding. These errors can be seen from the following percentages: reading errors occur as much as 39.51%, understanding errors occur as much as 51.85%, transformation errors occur as much as 67.9%, process skill errors occur as much as 75.31% (the most mistakes made students), and coding errors of 66.67%.

Keywords : Error Analysis, Newman's Theory, Story Problems


Keywords


Error Analysis, Newman's Theory, Story Problems

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Cv. Alfabeta.

Darmawan, Iwan, dkk. 2018. Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi datar. Vol. 1. No. 1. (online), (4912-12908-1-PB.pdf, diakses pada 5 September 2021).

Habibah, Ayu, dkk. 2020. Identifikasi Kesalahan-kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Vol. 1. No. 2. (Online), (371-Article Text-1484-2-10-20200310.pdf, diakses pada 10 Oktober 2021).

Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: PT Literasi Nusantara.

_______, Ali. 2013. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hariyani, Sri, dkk. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Vol. 8. No. 1. (online), (http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.805, diakses pada 10 Oktober 2021).

Islamiyah, Anna Citra, dkk. 2018. Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Vol. 5. No. 1. (online), (10035-27652-1-PB.pdf, diakses pada 5 September 2021).

Lestari, Karunia Eka, dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Maharani, Sindi, dkk. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. Vol. 2. No. 2. (online), (1 paling relevan.pdf, diakses pada 5 Maret 2021).

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noer, Sri Hastuti. 2017. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika Ruko Jambusari.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTS. 2014. Jakarta: Permendikbud.

Ratumanan, T. G., dkk. 2017. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Cv. Alfabeta.

Sausan, Sarah Dalilah, dkk. 2021. Diagnosis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Vol. 5. No. 1. (online), (https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.111-120, diakses pada 10 Oktober 2021).

Siregar, Eveline, dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Cv. Alfabeta.

Suyono, dkk. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiaya, Yeni Kurnia. 2018. Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Gaya Kognitif. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yusuf, Asep, dkk. 2020. Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Campaka Mulya-Cianjur. Vol. 3. No.1. (online), (3635-9559-1-PB.pdf, diakses pada 5 September 2021).

Zahra, Shahnaz Juwita Az. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV dengan Tahapan Newman. Vol. 2. No. 2. (online), (2390-8231-1-PB.pdf, diakses pada 10 Oktober 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.