Efektivitas Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Siti Munisah, Ahmad Hariandi, Akhmad Faisal Hidayat

Abstract


Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan bentuk Quasi Eksperimen. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 59 orang siswa kelas III SDN 55/1 Sridadi. Adapun sampel penelitian ini yakni seluruh anggota populasi yang meliputi kelas IIIA yang berjumlah 31 orang siswa serta kelas IIIB yang berjumlah 28 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas data berdistribusi normal dengan signifikansi Xhitung (5,79) < Xtabel (7,81) pada kelas pre test dan signifikansi Xhitung (6,04) < Xtabel (7,81) pada kelas post test. Uji homogenitas diperoleh Fhitung (1,211) < Ftabel (1,884) dengan taraf signifikansi 5% dengan menggunakan uji varians. Sedangkan pada Uji T didapatkan thitung (1,754) ≥ ttabel (1,672) yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Pendekatan kontekstual berbantuan media konkret lebih efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 55/1 Sridadi.


Keywords


Pendekatan Kontekstual, Media Konkret, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab (2021) Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Anjani lut putu ayu, DB. Kt. Ngr Semara Putra, I Ketut Ardana. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching snd Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal lesson and learning studies Vol. 3 NO. 2

Arsyad Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Hohenwarter et al. (2008) GeoGebra; The New Challenge For Mathematics Education. Austria: University Of Salzburg

Permendikbudristek Nomor 16 tahun 2022 pasal 9 ayat 1

Sari Widiya. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Tanjungpura: Pontianak

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana

Zaiful Rosyid Mohammad, dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.