Efektivitas Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan bentuk Quasi Eksperimen. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 59 orang siswa kelas III SDN 55/1 Sridadi. Adapun sampel penelitian ini yakni seluruh anggota populasi yang meliputi kelas IIIA yang berjumlah 31 orang siswa serta kelas IIIB yang berjumlah 28 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas data berdistribusi normal dengan signifikansi Xhitung (5,79) < Xtabel (7,81) pada kelas pre test dan signifikansi Xhitung (6,04) < Xtabel (7,81) pada kelas post test. Uji homogenitas diperoleh Fhitung (1,211) < Ftabel (1,884) dengan taraf signifikansi 5% dengan menggunakan uji varians. Sedangkan pada Uji T didapatkan thitung (1,754) ≥ ttabel (1,672) yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Pendekatan kontekstual berbantuan media konkret lebih efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 55/1 Sridadi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Wahab (2021) Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Anjani lut putu ayu, DB. Kt. Ngr Semara Putra, I Ketut Ardana. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching snd Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal lesson and learning studies Vol. 3 NO. 2
Arsyad Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Hohenwarter et al. (2008) GeoGebra; The New Challenge For Mathematics Education. Austria: University Of Salzburg
Permendikbudristek Nomor 16 tahun 2022 pasal 9 ayat 1
Sari Widiya. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Tanjungpura: Pontianak
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana
Zaiful Rosyid Mohammad, dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.322
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |