Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Siswa Dalam Belajar Materi Persamaan Kuadrat

Aulia Nabilla Saputri, Syahrani Warsitarumanti, Dwi Maharani, Tatang Herman, Aan Hasanah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa sulit untuk mempelajari materi persamaan kuadrat. Pendekatan yang dipilih berdasarkan pendekatan deskriptif kualitatif dan subjeknya berjumalh 35 siwa dari kelas IX-F SMPN 3 Cimahi. Instrumen yang digunakan berupa soal tes persamaan kuadrat dan survey dalam bentuk Google Form. Analisis data yang digunakan yakni menyajikan informasi dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa faktor-faktor yang membuat siswa kesulitan dalam mempelajari materi persamaan kuadrat adalah: 1) kurangnya pemahaman konsep; 2) kesalahan operasi matematika; 3) kurang fokus dan kesiapan saat pembelajaran; dan 4) media dan model pembelajaran yang kurang tepat.

Keywords


Faktor Kesulitan Belajar; Persamaan Kuadrat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.