Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dengan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP

seri safitri, Metta Liana, Mariyanti Elvi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan  model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tanjungpinang sebanyak 6 kali pertemuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX  SMP Negeri 2 Tanjungpinang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman matematis yang terdiri dari 4 soal uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Analisis statistika deskriptif menggunakan N-Gain untuk melihat peningkatan pemahaman matematis dari sebelum hingga sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Selanjutnya dilakukan analisis statistika diferensial dengan melakukan uji normalitas, karena data tidak berdistribusi normal maka dilakukan uji non parametik dengan menggunakan uji Mann-whitney. Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa pada model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray secara signifikan lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional.


Keywords


Quasi Experiment; Kemampuan Pemahaman Matematis; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray

Full Text:

PDF

References


Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.

Angriani, A. D., Rezkiani, R., Afiif, A., Suharti, S., & Rasyid, M. R. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Mind Mapping. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 15.

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.

Elisabet, D., Hartoyo, A., & Jamiah, Y. (2020). Two Stay Two Stray Cooperative Learning on Student Learning Outcomes on Materials of Geometry Surface Area. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(2), 383.

Firman, Aswar, N., Sukmawaty, Mirnawati, & Sukirman. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551–558.

Gray, J. A., & Diloreto, M. (2016). The Effects of Student Engagement , Student Satisfaction , and Perceived Learning in Online Learning Environments. NCPEA International Journal of Educational Leadership Preparatio, 11(1).

Hamsah, Y., & Ramlan, A. M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe TSTS terhadap Hasil. Jurnal Arden Jayapublisher, 1(2), 11–18.

Handayani, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Pada Mata Pelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 2(1), 15–21.

Hasanah, A., Handayati, P., & Susilowibowo, J. (2020). Development of Student Worksheets based on Problem-Based Learning. 128–135.

Hasanah, P. S., Bistari, B., & BS, D. A. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dikaji dari Sikap Ilmiah. As-Sabiqun, 4(4), 1043–1057. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i4.2142

Hasibuan, E. K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Arias. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 6(2), 1–12.

Kapitan, L., Laamena, C. M., & Gaspersz, M. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 87–92.

Manik, K., & Gafur, A. (2016). Penerapan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 39–49.

Martias Diningsih, F., Sudirman, A., & Sarengat. (2017). Pengaruh Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar IPS. 1–10.

Muhammadi & sahela. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1437–1450.

Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 169–176.

Nugroho, S. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(3), 1–23.

Nursaadah, I., & Risma, A. (2018). Analisi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Numeracy, 5(1).

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1).

Rachmawati, B. A., Purwanto, S., & Sari, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Negeri 169 Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.14859

Rahmat, R. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap peningkatan kemapuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1).

Sharicah, & Sariningsih, R. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1151–1160.

Silaban, B., & Gari, H. (2021). The Effect of Cooperative Learning Model with Two Stay Two Stray Type in Students ’ Learning Outcomes of 7 th Grade Students State Junior High School 1 Onolalu. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(10), 1036–1043.

Sujiyono. (2013). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Tipe Two-Stay Two-Stray Siswa Kelas XI TKJ 2 SMKN 1 Bangil. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 12–26.

Sukmayasa, I. M. H. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 53.

Ulya, H., Rahayu, R., Kartono, K., & Isnarto, I. (2019). Kemampuan Matematis Mahasiswa Dalam Penerapan Asesmen Kolaboratif. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 113–120.

Yani, C. F., Roza, Y., Murni, A., & Zuhri Daim. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 2086–4280.

Yuliani, N. W., Murniti, N. W., & Arsani, P. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Tipe TWo Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.