KEMAMPUAN PEMAHAMAN PEMODELAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA
Abstract
Kemampuan seorang guru dalam mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Kehidupan sehari-hari di kelas sangatlah penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis keterampilan pemodelan matematis siswa ketika mengerjakan tugas matematika terkait situasi.Pembelajaran ini dianggap penting.Sebab, syarat belajarnya mengharuskan Anda memiliki kemampuan berhitung yang baik, serta mampu menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.Oleh karena itu, keterampilan pemodelan matematika penting bagi siswa sebagai jembatan antara masalah matematika dengan dunia nyata.. menjadi Peneliti mendapat alat berupa soal matematis kontekstual, setelah itu peneliti menganalisis hasil penelitian dan melakukan wawancara terkini mengenai hasil kerja alat tersebut.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan pemodelan matematis siswa berbeda-beda, terlepas dari apakah mereka mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang, atau rendah.Masih terdapat siswa yang tidak membangun model matematika karena kurang memahami permasalahan.Bahkan ketika siswa memodelkan gambar membuat banyak variasi, namun sebagian besar siswa masih mempunyai ketelitian yang rendah dalam memodelkan gambar sesuai tugas yang diberikan.Sebagian besar siswa masih kurang pengetahuannya tentang pemodelan matematika.
Full Text:
PDFReferences
Bahir, R. A., & Mampouw, H. L. (2020). Identifikasi Kesalahan Siswa SMA dalam Membuat Pemodelan Matematika dan Penyebabnya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 72–81. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.161
Saputri, N. W., & Zulkardi, Z. (2019). Pengembangan Lkpd Pemodelan Matematika Siswa Smp Menggunakan Konteks Ojek Online. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 1–https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6825.1-14
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–164. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.857
Novelia, R., Rahimah, D., & Syukur, M. F. (2017). Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas Viii.3 Smp Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–164. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Hartono, J. A., & Karnasih, I. (2017). Pentingnya Pemodelan Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Semnastika Unimed, 1–8.
Wulandari, W., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). Pengaruh Pendekatan Pemodelan Matematika Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 111–123. https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3292.114-126
Fitrianingrum, F., & Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Vygotsky, 2(1), 1. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177
Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2020). Komunikasi matematis siswa dalam materi matematika sekolahan. Sesiomadika 2019, 2(1), 1183–1192. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–164. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Musdi, E., & Nari, N. (2019). K (2011). 22(1).
Nuryadi, A., Santoso, B., & Indaryanti, I. (2018). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Dengan Strategi Scaffolding With A Solution Plan Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Gantang, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.468
Kurniadi, E., Darmowijoyo, D., & Pratiwi, W. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Karakteristik dan Menyelesaikan Soal Pemodelan Matematika. Jurnal Gantang, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.299
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.335
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |