ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN JENIS-JENIS KESALAHAN MENURUT KASTOLAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematis berdasarkan jenis-jenis kesalahan menurut Kastolan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lingga yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tes kemampuan penalaran matematis dan pedoman wawancara. Adapun hasil penelitian yang diperoleh siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi memenuhi indikator menyajikan pernyataan matematika, indikator melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dan melakukan kesalahan konseptual. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang memenuhi indkator menyajikan pernyataan matematika namun tidak lengkap, tidak memenuhi indikator melakukan manipulasi matematika, dan tidak memenuhi indikator penarikan kesimpulan dengan melakukan kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah tidak memenuhi indikator menyajikan pernyataan matematika, tidak melakukan manipulasi matematika dan penarikan kesimpulan. Dengan melakukan kesalahan konseptual, Kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asfar, I. T., Ahmad, M. A., & Gani, H. A. (2021). Model Pembelajaran Connecting, Extending, reviev (R. R. Rerung (ed.)). Penerbit Media Sains Indonesia.
Aulia Sari, R., & Arina Najwa, W. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. JSD : Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 55–59.
Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. 2(6), 510–518.
Azra, M. P., Suhar, & Kadir. (2023). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII pada Soal Hots Konten Fungsi. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 11(2), 169–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v11i2.42784
Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2, 1–8.
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita (ed.); pertama). PT. Global Eksekutif Teknologi.
Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894
Hakim, I. D., Ramlah, & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 70–87. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr%0AAnalisis
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019a). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori Praktik (edisi pert). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019b). Analisis Data Kuallitatif (Fayer, F. R. Rouw, & Helaluddin (eds.); pertama). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Kamus Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.
Kosasih, N. Z. (2020). Analisis Berpikir Aljabar dan Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV. Jurnal Fibonaci, 1(2).
Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018). Identifikasi kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematik pada materi bangun ruang sisi datar dengan analisis kesalahan newman. 1(4), 493–504.
Malik, R. P., Afandi, A., Nani, L. K., & Hamid, H. (2022). Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar di SMP Negeri 3 Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 01(1), 76–86.
Marudi, J., Halini, & Suratman, D. (n.d.). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi di SMP Kemala Bhayangkari. 1–8.
Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (I. Taufik (ed.); Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya Offset-Bandung.
Netriwati, Sri, M. L., & Jamilah, Y. (2020). Evaluasi & Proses Pembelajaran Matematika. Pusaka Media.
Nurhalin, Y., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 180–192. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1957
Ramadhini, D. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. 06(03), 2475–2488.
Ria, Y., Risalah, D., & sandie. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Teorema Phytagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Monterado. Journal of Innovation Research and Knowlede, 1(5), 6.
Royana, I., Afgani, M. W., & Wardhani, A. K. (2021). Representasi Simbolik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Relasi Dan Fungsi Kelas Viii Smp. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 22–34. https://doi.org/10.36706/jls.v3i1.12857
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin (ed.); cetakan pe, Vol. 53, Issue 9). CV. Nata Karya.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); Cetakan 1). Literasi Media Publishing.
Sri, N., Hasibuan, R., Roza, Y., Studi, P., Matematika, P., Riau, U., & Email, C. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(3), 486–494.
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 123–130.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5(April).
Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 542–550.
Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369
Widyantari, F. P. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |