Analisis Kemampuan Number Sense Siswa di SMP Negeri 2 Cikampek pada Materi Operasi Bilangan Bulat

Vella Amalia Putri, Adi Ihsan Imami

Abstract


Kemampuan number sense siswa SMPN 2 Cikampek pada materi operasi bilangan bulat masih rendah  sehingga peneliti termotivasi untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa   SMPN 2 Cikampek pada materi operasi bilangan bulat. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII A di SMP Negeri 2 Cikampek, Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Untuk analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan peneliti adalah kemampuan number sense siswa smpn 2 cikampek rata-rata rendah, dengan 7 siswa yang memiliki kemampuan number sense tinggi, 11 siswa yang memiliki kemampuan number sense sedang dan 21 siswa yang memiliki kemampuan number sense rendah. Siswa yang memiliki kemampuan number sense tinggi menguasai 3 indikator kemampuan number sense, siswa yang memiliki kemampuan number sense sedang menguasai 2 indikator kemampuan number sense dan siswa yang memiliki kemampuan number sense rendah  hanya menguasai 1 indikator


Keywords


number sense; Junior high school; Integer operations

Full Text:

PDF

References


NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1): National Council of Teachers of mathematic

Mucti, A., & Nurmala, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 8 Tarakan. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 12-18.

Rohmawati, A. (2022). Kemampuan Number Sense Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Kelas VII A MTs NU Al-Badar Kabupaten Jember (Doctoral dissertation, UIN KH Achmad Siddiq Jember).

Safitri, A. S., Mulyati, S., & Chandra, T. D. (2017, July). Kemampuan number sense siswasekolah menengah pertama (SMP) kelas VII pada materi bilangan. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, pp. 270-277).

Nugraha, Y., & Mulhamah, M. (2017). Analisis kemampuan number sense dalam pemecahan masalah matematika. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 1(1), 54-59.

McIntosh, A., Reys, B. J., & Reys, R. E. (1992). A proposed framework for examining basic number sense. For the learning of mathematics, 12(3), 2-44.

Nabilah, N., Karma, I. N., & Husniati, H. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalamMelaksanakan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SDN 50 Cakranegara.Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 617-622

Rozimah, S. (2020). Analisis kemampuan number sense siswa dalam menyelesaikan soal matematika (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan berfikir siswa SMP dalam menyelesaikan soal Matematika ditinjau dari kemampuan number sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 28-39.

Zaenudin, A. (2023). Kemampuan number sense siswa Kelas VII dalam menyelesaikan soal pada materi bilangan bulat ditinjau dari kemampuan matematika (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Purwandari, I., Hidayati, W. S., & Rozak, A. (2021, September). PROFIL NUMBER SENSE SISWA ALIYAH DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 3, No. 1, pp. 209-219).

Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2020). Number sense siswa pada materi bilangan. Prosiding Sesiomadika, 2(1e).

Hamzah, A. (2021). Penelitian Berbasis Proyek Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Kajian Teoritik & Contoh-contoh Penerapannya. CV Literasi Nusantara Abadi.

Nabilah, N., Karma, I. N., & Husniati, H. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SDN 50 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 617-622

Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemaha

man Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 50-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.