EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KERAJINAN TANGAN ANYAMAN BAMBU DI MALUKU TENGGARA
Abstract
Matematika merupakan produk budaya. Setiap kebudayaan dan subkultur mengembangkan matematikanya sendiri. Konsep-konsep matematika yang diaplikasikan, merujuk pada aktivitas, kebiasaan, ataupun adat kehidupan masyarakat dalam menyelesaikan masalah disebut etnomatematika. Pembelajaran di Kepulauan Kei masih berfokus kepada guru yang membuat siswa merasa bosan dan malas untuk mengikuti pembelajaran. Agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran maka guru perlu mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Anyaman merupakan tradisi turun temurun di Kabupaten Maluku Tenggara. Subjek penelitian ini adalah pengrajin. Waktu dan pembuatan kerajinan tangan anyaman bambu kurang lebih satu setengah hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep matematika yang terdapat pada kerajinan tangan anyaman bambu di masyarakat Ohoiren Maluku Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti menggunkana triangulasi sumber data untuk menguji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan beberapa unsur materi pembelajaran matematika seperti materi himpunan, geometri, aritmatika. Serta adanya konsep matematika dalam kerajinan tangan anyaman bambu di Maluku Tenggara (Ohoiren) seperti segitiga, kerucut,setengah lingkaran dan tabung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dr. Samad Umarella, Lasaiba, I., & Dkk, M. B. (2020). Etnografi Tradisi Syahrawandan Dalam Prespektif Pendidikan Islam Di Banda Eli Kabupaten Maluku Tenggara (Issue November).
Layan, S., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2023). Eksplorasi Enbal Bahan Makanan Khas Kepulauan Kei Menggunakan Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 178 186. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.314
Nila Kesumawati. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.
Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatematika Dalam Seni Anyaman Jambi Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714.
Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 25–31. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p25-31
Rahantoknam, S. P. ., Nurisjah, S., & Yulianda, F. (2012). Kajian Potensi Sumberdaya Alam Dan Lingkungan Untuk Pengembangan Ekowisata Pesisir Nuhuroa Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Lanskap Indonesia, 4(1), 29–36. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Kajian+Potensi+Sumberdaya+Alam+Dan+Lingkungan+Untuk+Pengembangan+Ekowisata+Pesisir+Nuhuroa+Kabupaten+Maluku+Tenggara&btnG=
Ramdani, Y. (2006). Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 1–14.
Riski, Y., Tito, V., & Krister, P. (2020). Kajian Etnomatematika Anyaman Bambu Yogyakarta Di Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Topik Bentuk Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 143–152. https://conference.unikal.ac.id/index.php/sandika/sandika1/paper/view/334
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. nyoman. (2018). Efektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Ujung, C. S., & Chairani. (2018). Analisis Karya Seni Kerajinan Anyam Tali Kur Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat Berdasarkan Teknik Bentuk dan Warna. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 7(1), 66–93. https://doi.org/10.24114/gr.v7i1.10853
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 111–118.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |