Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X dalam Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Trigonometri
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis minat siswa pada materi trigonometri menggunakan aplikasi geogebra. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Lemahabang Karawang, dan sampelnya adalah siswa kelas X.4 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket pernyataan, melalui indikator minat belajar siswa yang terdiri dari 20 pernyataan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase secara keseluruhan yaitu 79,97% hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa X.4 SMA Negeri 1 Lemahabang Karawang mempunyai minat belajar matematika yang tinggi pada materi trigonometri berbantuan sarana teknologi aplikasi geogebra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, R.M., Nuriman and Agustiningsih (2014) ‘Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV B MI Muhammadiyah Sidorejo Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ( Increased interest and learning outcomes on basic science subject’, Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), pp. 1–5. Available at: https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63753/RAMADHAN MUHAMMAD AKBAR.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Aprilia, A. and Nur, F.D. (2022) ‘Alifatul Aprilia, Devi Nur Fitriana : [Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan] 28’, 1(2), pp. 28–39.
Aulia, S. et al. (2021) ‘Analisis Minat Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Aplikasi Scratch pada Materi Trigonometri’, JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), p. 205. doi:10.24014/juring.v4i3.13128.
Ernawati, E., Nurhayati, L. and Setiawan, W. (2019) ‘Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Sma Pada Materi Program Linier Berbantuan Aplikasi Geogebra’, Journal on Education, 2(1), pp. 1–8. doi:10.31004/joe.v2i1.252.
Faza, M.R., Fathina, N. and Salwa (2022) ‘Analisis Kebutuhan Metode 3D Pada Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Sma’, ProSANDIKA UNIKAL, 3(1), pp. 260–268. Available at: https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/851.
Herawati (2020) ‘Memahami proses belajar anak’, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, IV, pp. 27–48.
Hermawan, R.M., Yuspriyati, D.N. and Purwasih, R. (2022) ‘Analisis Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Aplikasi Geogebra’, Prisma, 11(1), p. 203. doi:10.35194/jp.v11i1.1982.
Islami, A.N. and Setiawan, W. (2020) ‘Efek Geogebra Pada Minat Belajar Siswa SMP’, Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(1), pp. 78–87.
Lestari, S. (2018) ‘Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi’, Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), pp. 94–100. doi:10.33650/edureligia.v2i2.459.
Magfirah, I. et al. (2021) ‘Pemanafaatan aplikasi Geogebra sebagai pembelajaran Matematika di SMA kabupaten Buru’, pp. 148–158.
Millati, D.Y.I. and Prihaswati, M. (2020) ‘Analisis Minat Belajar Siswa pada Materi SPtLDV berbantuan Aplikasi Geogebra’, Seminar Nasional Edusainstek, pp. 7–15.
Munandar, A.H. et al. (2022) ‘Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Lingsar’, Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), pp. 841–852. Available at: https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/227.
Pristiwanti, D. et al. (2022) ‘Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yadika Bandar Lampung’, 4, pp. 1707–1715.
Putri, A.D. et al. (2019) ‘Analisis Pengaruh Minat Belajar Siswa MA Dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi SPLDV’, Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), pp. 47–52. doi:10.22437/edumatica.v9i1.6348.
Tarigan, A.I. et al. (2023) ‘Peningkatan Kompetensi Guru Matematika dan Siswa SMA dengan Pemanfaatan Software GeoGebra’, I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), pp. 149–160. doi:10.33379/icom.v3i1.2231.
Yanti, R. et al. (2019) ‘Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa’, AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), pp. 180–194. doi:10.26877/aks.v10i2.4399.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |