Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Newman's Error Analysis (NEA)

Ajeng Fathiya Azzahra, Nita Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis jenis kesalahan siswa pada penyelesaian persoalan cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kesetaraan paket C SPNF SKB Kabupaten Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes serta wawancara, dan instrumen tes berupa persoalan cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukan siswa terdapat kesalahan membaca sebesar 22,22%, kesalahan memahami sebesar 50%, kesalahan transformasi 50%, kesalahan keterampilan proses sebesar 72,22%, kesalahan penulisan jawaban sebesar 66,67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa umumnya siswa terdapat kesalahan pada keterampilan proses, dimana kesalahan yang ditemukan berupa keliru dalam perhitungan dan juga tahap penyelesaian yang kurang tepat.


Keywords


Matematika; Newman's Error Analysis (NEA); Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Full Text:

PDF

References


Adlini, M.N. et al. (2022) ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), pp. 974–980. doi:10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Baskorowati, H. (2021) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik Jawa Timur’, MATHEdunesa, 9(3), pp. 529–539. doi:10.26740/mathedunesa.v9n3.p529-539.

Bayu, E.P.S. and Fatimah, S. (2018) ‘Penerapan Strategi Watching Before Learning Pada Pembelajaran Matematika Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Pkbm Kasih …’, Strategi Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, Matematika dan Sains 21, pp. 113–118. Available at: https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Alifmatika/article/view/28-43/584.

Delfita, O., Roza, Y. and Maimunah, M. (2019) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea)’, Media Pendidikan Matematika, 7(1), p. 1. doi:10.33394/mpm.v7i1.1427.

Ferdianto, F. and Yesino, L. (2019) ‘Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis’, SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), pp. 32–36. doi:10.35706/sjme.v3i1.1335.

Fitriatien, S.R. (2019) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman’, Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), pp. 1–12. doi:10.36706/jls.v1i2.9707.

Hariani, A.S. (2018) ‘Pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Kerinci’, CTL, Saintifik, Pemahaman Konsep, SPLTV, pp. 1–10. Available at: https://repository.unja.ac.id/3315/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/3315/1/2. Artikel.pdf.

Hidayatul, H. (2018) ‘Pembelajaran Matematika Kelas XI Kejar Paket C Mekar Bersinar di Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Kabupaten Balangan Tahun Pelajaran 2017/2018.’, pp. 1–11.

Islamiyah, A.C., Prayitno, S. and Amrullah, A. (2018) ‘Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel’, Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), pp. 66–76. doi:10.24815/jdm.v5i1.10035.

Nafisa, Z. (2022) ‘Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Paket C Di Pkbm Gema’, 1116/MENKE(4), pp. 1–22.

Nuraida, I. (2017) ‘Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas Ix Smp Negeri 5 Kota Tasikmalaya’, Teorema, 1(2), p. 25. doi:10.25157/.v1i2.550.

Nurdianti, A., Fathurrohman, M. and Nindiasari, H. (2021) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Bentuk Cerita Menggunakan Teori Newman Pada Smp Kelas Vii’, Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), p. 109. doi:10.56704/jirpm.v2i2.11810.

Rahmawati, D. and Permata, L.D. (2018) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman’, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), pp. 173–185. Available at: http://jurnal.uns.ac.id/jpm.

Sari, D.R., Suryani, M. and Delyana, H. (2022) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Topik Sisitem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman’, Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), pp. 157–170. doi:10.25134/jes-mat.v8i2.5632.

Sholehah, J. (2023) ‘Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Kemampuan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Juni 2023 Matematis Siswa Di Mts Al – Firdaus Panti Jember’.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.