Hambatan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Materi Teorema Pythagoras

Ricca Barnika Ifada, Redo Martila Ruli

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis hambatan-hambatan belajar serta faktor penyebab munculnya hambatan belajar yang dialami peserta didik di Sekolah Mengah Pertama (SMP) dalam mempelajari konsep teorema Pythagoras agar permasalahan matematika yang ditimbulkan peserta didik dapat diminimalisir atau dikurangi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini ialah 38 orang peserta didik kelas IX yang telah mempelajari konsep teorema pythagoras. Teknik pada penelitian ini menggunakan triangulasi data dengan mengumpulkan data berupa pemberian tes berupa soal uraian sebanyak 5 soal terkait teorema pythagoras. Selanjutnya dilakukan wawancara setelah para peserta didik mengerjakan tes. Dan yang terakhir peneliti melakukan observasi secara langsung peserta didik pada saat mengerjakan instrumen test yang diberi. Hambatan belajar yang akan dieksplor dan dikaji pada penelitian ini yakni hambatan belajar pada konsep teorema pythagoras berdasarkan 3 bagian berdasarkan hambatan belajar epistemologis, hambatan belajar ontogenik dan hambatan belajar didaktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas IX disalah satu SMP Kabupaten Karawang masih mengalami hambatan belajar pada materi teorema pythagoras.

 


Keywords


Hambatan Belajar; Siswa SMP; Teorma Pythagoras

Full Text:

PDF

References


Anggari, R.S. and Rufiana, I.S. (2020) ‘Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Soal Cerita Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Minat Belajar’, Edupedia, 2(4), p. 122. Available at: https://doi.org/10.24269/ed.v4i2.540.

Dewi, F.C., Mahani, P. and Wijayanti, D. (2021) ‘Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Materi Persamaan Eksponen’, Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.29300/equation.v4i1.3770.

Fuadiah, N.F. (2020) ‘Miskonsepsi Sebagai Hambatan Belajar Siswa Dalam Memahami Matematika’, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP, 7(2), p. 87. Available at: https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/156/124.

Gulvara, M.A., Suryadi, D. and Islamiyah, W. (2023) ‘Learning Obstacle dalam Soal Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), pp. 2327–2337. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2605.

Hafsah, D.O. (2019) Desain didaktis konsep limit berdasarkan analisis learning obstacle dan learning trajectory. UIN Syarif Hidayatullah.

Hikmah, L.R.S. (2022) Identifikasi Learning Obstcle Materi Peluang Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. UIN Salatiga.

Kadir, V.T. et al. (2022) ‘Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat di SMP Negeri 1 Biluhu’, Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), pp. 38–47. Available at: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.13279.

Meika, I., Berliana, R. and Sartika, N.S. (2022) ‘Desain Didaktis Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Pada Materi Teorema Pythagoras’, Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), p. 411. Available at: https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.8332.

Nasution, M.L. and Hafizah, N. (2020) ‘Development of students’ understanding of mathematical concept with STAD type cooperative learning through student worksheets’, Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). Available at: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012035.

Overmars, A. and Venkatraman, S. (2021) ‘New Semi-Prime Factorization and Application in Large RSA Key Attacks’, Journal of Cybersecurity and Privacy, 1(4), pp. 660–674. Available at: https://doi.org/10.3390/jcp1040033.

Purwasih, R., Aripin, U. and Fitrianna, A.Y. (2018) ‘Implementasi Pembelajaran Worksheet Berbasis ICT Untuk Peningkatan Kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) Siswa SMP’, JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), p. 57. Available at: https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3841.

Rambe, N., Syahputra, E. and Elvis, E. (2020) ‘The Effect of the Jigsaw Cooperative Learning Model and the Student’s Initial Mathematical Abilities and Its Effect on the Mathematical Representation Ability and Learning Motivation of Students in the PAB 10 Sampali Private Elementary School’, Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), pp. 1591–1599. Available at: https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1249.

Rina, R. and Bernard, M. (2021) ‘Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), pp. 2836–2845. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.870.

Rosita, C.D. et al. (2020) ‘Learning Obstacle Siswa Smp Pada Materi Lingkaran’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), pp. 467–479. Available at: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2735.

Saputri, M.A., Darmawan, P. and Prayekti, N. (2019) ‘Analisis Kesulitan Siswa Smp Kelas Viii Dalam Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras’, Jurnal Prosiding : Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), pp. 153–159. Available at: http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/799.

Sari, H.P., Fuadiah and Rohana (2021) ‘LEARNING OBSTACLE SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), pp. 104–115. Available at: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2735.

Sugiarti (2021) Cara Cetar agar Anak Rajin Belajar: Sebuah Transformasi Peran Pendidik. Lampung: CV. Laduny Alifatama.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sumarsih (2020) ‘Analisis Kesalahan Dan Kesulitan Siswa Smp Pada Materi Teorema Pythagoras Serta Alternatif Penyelesaiannya’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(2), pp. 104–118. Available at: https://doi.org/10.20961/paedagogia.v23i2.

Suryadi, D. (2019a) Landasan Filosofis: Penelitian Desain Didaktis (DDR).

Suryadi, D. (2019b) Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung: Gapura Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.