KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI TAHAPAN POLYA PADA ASPEK MERENCANAKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui tahapan polya pada aspek merencanakan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ada 25 siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Rengasdengklok dan diambil 3 siswa dari kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis materi SPLTV dan angket aspek merencanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi dapat membuat perencanaan sebelum menyelesaikan permasalahan, dapat menuliskan langkah-langkah yang menunjang penyelesaian dari masalah yang diberikan, dan siswa juga dapat mengorganisasi informasi yang sesuai untuk menyelesaikan masalah. Siswa dengan kemampuan sedang sudah menguasai konsep dan teori-teori yang menunjang namun ia kurang baik dalam mengidentifikasi informasi. Siswa juga belum mampu merencanakan pemecahan masalah dengan baik. Siswa dengan kemampuan rendah belum menguasai konsep dan teori-teori yang menunjang, tidak dapat mengidentifikasi informasi dengan baik. Siswa juga tidak mampu merencanakan pemecahan masalah, terlihat tidak membuat model matematika ketika menemui soal, siswa tidak dapat menuliskan langkah-langkah yang menunjang penyelesaian dari masalah yang diberikan, dan siswa juga tidak dapat mengorganisasi informasi yang sesuai untuk menyelesaikan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |