ANALISIS SELF CONFIDENCE SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Kristian Fernandito Simanjuntak, Sutirna Sutirna

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan soft skills yaitu self confidence pada pembelajaran matematika peserta didik SMAN 1 Cikampek tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya siswa kelas X-H SMAN 1 Cikampek di Desa Sarimulya, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non tes yang berupa angket. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa sebagian besar siswa di kelas X-H masih kurang dalam kemampuan self confidence pada pembelajaran matematika seihingga mempengaruhi proses belajar di kelas.


Keywords


Instrumen Non Tes ; Proses Belajar ; Self-Confidence ; Siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Dalilan, Rati, and Deddy Sofyan. 2022. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Confidence.” Plus Minus 2:141–50.

Daut Siagian, Muhammad. 2016. “KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” MES 2:59–60.

Nurkholifah, Siti, Toheri, and Widodo Winarso. 2018. “Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” 08(April):58–66.

Syarif, Sultan, Kasim Riau, and Simpang Baru Panam. 2019. “Membangun Self-Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Matematika 1.” 2(155):147–53.

Vandini, Intan. 2015. “Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Formatif 5:218=219.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.