ANALISIS SELF CONFIDENCE SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan soft skills yaitu self confidence pada pembelajaran matematika peserta didik SMAN 1 Cikampek tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya siswa kelas X-H SMAN 1 Cikampek di Desa Sarimulya, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non tes yang berupa angket. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa sebagian besar siswa di kelas X-H masih kurang dalam kemampuan self confidence pada pembelajaran matematika seihingga mempengaruhi proses belajar di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dalilan, Rati, and Deddy Sofyan. 2022. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Confidence.” Plus Minus 2:141–50.
Daut Siagian, Muhammad. 2016. “KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” MES 2:59–60.
Nurkholifah, Siti, Toheri, and Widodo Winarso. 2018. “Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” 08(April):58–66.
Syarif, Sultan, Kasim Riau, and Simpang Baru Panam. 2019. “Membangun Self-Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Matematika 1.” 2(155):147–53.
Vandini, Intan. 2015. “Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Formatif 5:218=219.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |