Pengembangan LKPD Berbasis Mathematical Comic Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis komik matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMA Negeri 9 Aceh Barat Daya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development ( R&D ) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu:desain analisis, desain (pengembangan), implementasi (implementasi ) , dan evaluasi (evaluasi). Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X (Fase E) SMA Negeri 9 Aceh Barat Daya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari LKPD berbasis komik matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh tim ahli diperoleh kevalidan LKPD berbasis komik matematika untuk aspek materi dan media adalah sebesar 91% dan 90% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil ujicoba yang diperoleh kepraktisan LKPD berbasis komik matematika dari hasil angket respon guru dan peserta didik sebesar 87,4% dan 86,7% dengan kategori sangat praktis. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwasanya LKPD berbasis komik matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang valid dan praktis untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran matematika .
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; LKPD; Komik Matematika
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis komik matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 9 Aceh Barat Daya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (Tahap E) SMA Negeri 9 Aceh Barat Daya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas LKPD berbasis komik matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil validasi tim ahli, validitas LKPD berbasis komik matematika aspek materi dan media sebesar 91% dan 90% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba, kepraktisan LKPD berbasis komik matematika diperoleh dari hasil angket respon guru dan siswa sebesar 87,4% dan 86,7% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis komik matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; LKPD; Komik Matematika
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghni Ihtiara, & Wahyuni, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Scientific Learning Dengan Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa SMA Pada Materi SPLTV. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1(1). https://doi.org/10.60076/ijstech.v1i1.12
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Holidun, H., Masykur, R., Suherman, S., & Putra, F. G. (2018).
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2022
Hutapea, N. M. (2022). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4802
Loka, D., Arifin, S., & Nizar, H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Open Ended. Jurnal Of Education In Mathematics, Science, And Technology, 5(2).
Nugraha, D. I. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik “Arithmetic Story” berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 04(04), 1666–1674.
Pratiwi, R. W., & Susanti, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Scientific Approach disertai Concept Mapping pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X SMAN 2 Lembang Jaya. THEOREMS, 2(2).
Purnamasari, N. L. (2019). Metode Addie pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Setiani, W., Fajriah, N., & Budiarti, I. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MATERI SPLDV. JURMADIKTA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1749
Sinaga, M. E., & Kurnianti, E. M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar.
Soraya, L., & Aisyah, N. (2022). Pengembangan LKPD materi SPLTV berbasis pemecahan masalah untuk mengukur keterampilan numerasi siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November.
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Wijayanti, A. T., Caswita, C., & Sutiarso, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah pada Pemecahan Konsep Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1). https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.812
Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |