ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMP KELAS IX DALAM MEMECAHKAN MASALAH HOTS MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK

Yunis Zheza, Edy Widayat, Lusiana Prastiwi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari analisis kemampuan siswa kelas IX dalam memecahkan masalah HOTS materi bentuk aljabar yang ditinjau dari kecerdasan linguistik yang dimiliki. Subjeknya yaitu 5 siswa yang memang telah dikategorikan menurut tingkatan dari hasil tes kecerdasan linguistiknya. Namun ketika penelitian dilakukan, hanya empat siswa yang sesuai dengan kategori tingkatan kecerdasan linguistiknya, diantaranya tingkat sangat tinggi, tingkat tinggi, tingkat sedang, tingkat rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kecerdasan linguistik, tes soal HOTS Aljabar, observasi dan wawancara semi struktur. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan menggunakan observasi, wawancara dan hasil tes. Dari hasil penelitian ini diperoleh 1) Siswa dengan tingkat kecerdasan linguistik sangat tinggi, dikatakan mampu dalam menyelesaikan soal HOTS sesuai indikator pada C4 – C6. 2) Siswa dengan tingkat kecerdasan linguistik tinggi, dikatakan mampu dalam menyelesaikan soal HOTS sesuai indikator pada C4 – C6. 3) Siswa dengan tingkat kecerdasan linguistik sedang, dikatakan mampu dalam menyelesaikan soal HOTS sesuai indikator pada C4 – C6. 4) Siswa dengan tingkat kecerdasan linguistik rendah, dikatakan belum mampu dalam menyelesaikan soal HOTS sesuai indikator pada C4 – C6.

Kata kunci :

Aljabar ;Kecerdasan Linguistik ; Kemampuan Memecahkan Masalah HOTS

Keywords


Algebra; HOTS Problem Solving Skills; Linguistic Intelligence

Full Text:

PDF

References


Abarca, R.M. (2021) ‘HUBUNGAN KECERDASAN VERBAL DAN KECERDASAN LOGIKA- MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA’, Nuevos sistemas de comunicación e información, pp. 2013–2015.

Asman, N.E. and Ariani, Y. (2020) ‘Model Polya Terhadap Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kelas V SD’, Journal of Basic Education Studies, 3(2), pp. 279–290.

Diajukan, S. et al. (2022) ‘Linguistik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Palopo Linguistik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Palopo’.

Fadilah, S.N. (2020) ‘Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 34 Padang’. Available at: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1198http://repo.bunghatta.ac.id/1198/3/23 IIS SRIYANTI 1410013211068 BAB I.pdf.

Irma Berek, M., Sumartono and Prastiwi, L. (2023) ‘Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), pp. 2657–2663. Available at: https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK.

Irvaniyah, I. and Akbar, R.O. (2014) ‘Analisis Kecerdasan Logis Matematis Dan Kecerdasan Linguistik Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Ipa Ma Mafatihul Huda)’, Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). Available at: https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.11.

Kamila, A. et al. (2020) ‘Analisis kemampuan siswa smp dalam menyelesaikan soal hots matematika materi sistem persamaan linear dua variabel’, ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1(22), pp. 119–126.

Mahfiroch, L. et al. (2022) ‘ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN LINGUISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN KOTA BATU’, JP3, 17(21), pp. 1–13.

Puspitasari, V. and Widayat, E. (2023) ‘Application Of The Inquiry-Type CTL Learning Model To Improve Student Learning Outcomes In SPLDV Material In View Of Student Learning Motivation Penerapan Model Pembelajaran CTL Tipe Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa’, JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), pp. 75–81. Available at: http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index.

Sapiah, S. (2021) ‘Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Kelas XI IPA SMAN 1 Kerinci’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), p. 1414. Available at: https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i3.1763.

Widayat, E. (2017) ‘Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif - Kolaboratif Dengan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 PURI MOJOKERTO’.

Wilujeng, D.W., Prastiwi, L. and Huda, N. (2017) ‘Penggunaan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Materi Aljabar Pada Siswa Kelas VIIB Di MTs Negeri 1 Kota Surabaya’, Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 5(2), pp. 71–80. Available at: https://doi.org/10.25139/sm.v5i2.751.

Windi Setiawan (2019) ‘Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Guna Mencapai High Order Thingking Skill’, Prosiding, pp. 869–876.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.