PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Tujuan direalisasikannya riset ini guna memperoleh E-Modul berbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Instrumen yang digunakan ialah lembar validasi RPP, lembar validasi materi dan media, Lembar validasi angket tanggapan guru dan siswa, serta lembar validasi kuesioner pengamatan aktivitas murid. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang sudah dikembangkan mencukupi kategori validitas dengan rata-rata validitas RPP senilai 3,73 dengan kriteria sangat layak, materi dan media mempunyai poin rata-rata validitas berturut-turut senilai 3,68 dan 3,81 dengan kriteria sangat layak (2) Materi pembelajaran e-modul berbasis discovery learning yang dikembangkan memenuhi persyaratan kepraktisan: a) perolehan angket guru pada e-modul menunjukkan relevansi praktis sebesar 94,73 % dalam kategori sangat praktis; (b) hasil angket siswa pada e-modul menunjukan relevansi praktis sebesar 93,80% dalam kelompok sangat praktis; (3) Perangkat pembelajaran e-modul berbasis discovery learning yang dikembangkan memenuhi persyaratan efektif berupa : (a) ketuntasan belajar klasikal anak didik sebesar 89,66%; (b) 83,68% anak didik menggapai target pembelajaran pada masing-masing indikator; (c) Durasi pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa pada uji lapangan dan mendapatkan tanggapan positif dari murid terhadap e-modul. Uji analisis N-Gain menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis anak didik yang memakai e-modul berbasis discovery learning meningkat senilai 0,80 dalam kelompok tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. C., Purwanto, & Hidayanto, E. (2019). Media Pembelajaran Matematika Materi Kombinatorika Berbasis Media Interaktif Pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan pengembangan, Vol.4(04).
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), Vol.2(01).
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics, Vol.1(2).
Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Vol.9(01).
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-modul dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol.10(04).
Latifah, N. I., & Sutirna. (2021). Strategi Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol.4(03).
Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemcahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.7(03).
Liando, M. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol.1(06).
Mauleto, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Indikator NCTM Dan Aspek Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Kelas 78 SMP Kanisius Kalasan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol.4(02).
Nisrina, N. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol.1(03).
Nurhadi, Nurhasnawati, & Nursalim. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan Kemampuan Peserta didik Mata Pelajaran IPS Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekan Baru. Journal of Primary Education, Vol.5(01).
Rismayanti, T. A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6 (01).
Sarah, L., Jajang, R., & Sumliyah. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Materi Koordinat Kartesius Berbantuan Media Sosial Youtube Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Integral, Vol. 12(01).
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |