PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII

Yasmin Khamila Husain, Izwita Dewi

Abstract


Penelitian ini berguna dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis murid SMP Swasta Al Razi Sinar Harapan Medan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra. Subjek riset berjumlah 25 siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Al Razi Sinar Harapan Medan. Riset ini memakai metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus, di mana setiap siklus mencakup 2 pertemuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tes direalisasikan sebanyak tiga kali, yakni tes awal, kemampuan berpikir kreatif matematis I, dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis II. Perolehan riset menggambarkan peningkatan secara signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dapat diamati dari hasil tes awal hanya sebanyak 12% anak didik yang tuntas tetapi pada tes akhir siklus I mengalami peningkatan secara klasikal dengan memperoleh sebanyak 44% siswa tuntas. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatkan lebih lanjut dengan tingkat ketuntasan klasikal pada tes akhir siklus II mencapai 92%. Rata-rata N-Gain sebesar 0,50 menggambarkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Dengan demikian, diputuskan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Swasta Al Razi Sinar Harapan Medan.


Keywords


Geogebra; Kreatif; Masalah; N-Gain

Full Text:

PDF

References


Aliyah, H. (2017). “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Pendidikan Dasar 8 (2):38.

Aminy, Meiliza., Herizal., Wulandari. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Negeri 1 Muara Batu. Junral Pendidikan Matematika Malikussaleh. 1(1):45-54

Arikunto. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Edira.

Indayanti, Yuki. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di MTs Citra Abdi Negoro. Journal Of Student Research (JSR).1(3)

La, Hewi., & Muh, S. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1) : 30-41

Maidela, L., Sunyono & Efkar, T. (2017). Pengaruh Scaffolding pada Pembelajaran SiMa Yang dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia.. 6(1): 14-25.

Malau, Dita Tamala., Pargaulan Siagian. (2021). Analisis Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Fibonaci. 2(2): 1-11

Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-Hasil Asesmen Belajar dari UN, PISA, TIMSS, INAP. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan

Novellia, Marda., Stefanus C. Relmasira., Agustina Tyas Asri Hardini. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies. 1(2)

Nurjaman, Adi., Indah Puspita Ari. (2019). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMA. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(2)

Nurjanah et al. (2021). Self-Regulated Learning Strategy in Online Speaking Class: How Is It Implemented. ELT-Lectura: Studies and Perspectives in English Language Teaching. Vol 8, No. 2.

Sari, R. A., & R. U. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Education Journal, 3(1), 30-39.

Septiana et al. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Komsep Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1):22-25

Silviani, Rika., Cut Morina Zubainur., Muhammad Subianto. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif SMP melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika. 5(1)

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.