PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX

Putri Adilla, Denny Haris

Abstract


Matematika dianggap komponen krusial dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadikannya sebagai suatu ilmu yang terstruktur dan terpadu. Keunggulan matematika terletak pada kemampuannya untuk memecahkan permasalahan, baik dalam konteks soal matematika maupun permasalahan lain yang terkait dengan kehidupan nyata. Salah satu kemampuan dari tujuan pelajaran matematika yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan penalaran matematis. Tujuan dari penelitian  ini untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan oleh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX di SMP Negeri 29 Medan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa. Sampel penelitian ini kelas IX – 4 dengan 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX – 5 dengan 27 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik Simple Random Sampling. Desain penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Design. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T – Test. Berdasarkan hasil penelitian  diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX SMP Negeri 29 Medan.

Keywords


Kemampuan Penalaran Matematis; Problem Based Learning; Refleksi

Full Text:

PDF

References


Aprianti, A., & Riwayati, S. (2021). Soal Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Konteks Bengkulu Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 77-93.

Farida, A. R., Caswita, C., & Gunowibowo, P. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(7).

Ningrum, S. S., Siregar, B. H., & Panjaitan, M. (2023). Pengembangan LKPD Digital Interaktif dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 766-783.

Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).

Ratau, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Matematika dan Pembelajaran. 4(1). Hal 42–59.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18, pp. 1-6).

Siregar, B. H., & Siahaan, C. Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Spasial Melalui Penerapan Teori Van Hiele Terintegrasi Dengan Multimedia Dengan Mempertimbangkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Handayani, 9(02), 62-71.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, Tina Sri. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5 No 1: 1-10.

Wibowo, Aji. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol 4 (1). Hal 1-10.

Yuliawan, Kristia. (2021). Pelatihan Smartpls 3.0 Untuk Pengujian Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Membangun Negeri : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 5(1). Hal 43-50.

Yusdiana, B. I. & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPML – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1 (3), 409-414.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.