PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAS TAMANSISWA SINGOSARI MEDAN

Meiliani Citra Magdalena Siburian, Nurliani Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMAS Tamansiswa Singosari Medan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan desain kelompok Postest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAS Tamansiswa Singosari Medan dan sampelnya adalah kelas X IPS 1 yang berjumlah 26 siswa dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dalam bentuk essay sebanyak 4 butir soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya, berdasarkan hasil pengujian seluruh butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran time token lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa yang dibuktikan dengan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 68,08 dan nilai posttest kelas kontrol sebesar 50,42.

Keywords


Hasil Belajar Matematika Siswa; Model Pembelajaran Time Token; Regresi

Full Text:

PDF

References


Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun self-confidence siswa melalui pembelajaran matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147-153.

Arwin, A., & Hutagalung, D. S. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Sari Melati Kencana Pematangsiantar. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(1)

Bhirawa, W. T. (2020). Proses pengolahan data dari model persamaan regresi dengan menggunakan statistical product and service solution (SPSS). Jurnal Mitra Manajemen, 7(1).

Hilmi, H., Nasir, M., Ramlawati, R., & Peuru, C. D. (2022). Pengaruh Jumlah Penduduk dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Tolitoli. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 20-27.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Nurmainar, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Time token Pada Siswa Kelas XI IPA. 5 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4375-4381.

Oktaviani, S., Hariyani, S., & Pranyata, Y. I. P. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Time token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMKN 2 Singosari. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 54-63.

Palupi, R., Yulianna, D. A., & Winarsih, S. S. (2021). Analisa Perbandingan Rumus Haversine Dan Rumus Euclidean Berbasis Sistem Informasi Geografis Menggunakan Metode Independent Sample t-Test. JITU: Journal Informatic Technology And Communication, 5(1), 40-47.

Sinaga, L. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi Siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar. GARNISH: Jurnal Pendidikan Tata Boga. 4(2), 33-38.

Septiara, W., & Sitorus, M. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN NHT DAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 224-230

Setiawan, R. H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time token Arends. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 78-85.

Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta Pgri. Research and Development Journal Of Education, 1(1), 110-116.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Ombak.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.