ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (V-A-K) PADA MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DI SMA NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya belajar Visual, Auditori, Kinestetik (V-A-K) pada materi sistem pertidaksamaan linear di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendesrkripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar V-A-K. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini soal tes, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen lembar angket gaya belajar V-A-K, soal tes dan pedoman wawancara. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi waktu dan sumber. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Tahap memahami masalah semua subjek mampu menuliskan informasi yang ada dengan lengkap dan sistematis kecuali pada subjek S-V3 yang belum mampu menuliskan informasi yang ada dengan lengkap dan sistematis. (2) Tahap menyusun rencana semua subjek mampu menghubungkan informasi dengan mengubah kedalam kalimat matematika dan mampu memilih strategi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. (3) Tahap melaksanakan rencana semua subjek mampu menjalankan strategi yang dibuat sebelumnya dengan baik dan benar dengan kemampuan yang dimiliki oleh subjek, kecuali pada subjek S-A2 dan S-K1 yang belum mampu melaksanakan strategi yang dibuat dengan baik dan benar. (4) Tahap memeriksa kembali semua subjek mampu menyimpulkan dengan benar dan tepat kecuali pada subjek S-A2 dan S-K1 yang belum mampu menyimpulkan dengan baik dan tepat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agumuharam, F.N & Soro, S. 2021. Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah SiswaKelas X SMA. Jurnal Cendekia. Vol,05, No.3. PP.2352-2361.
Apipah, S. 2018. An analysis of mathematical connection ability based on student learning style on visualization auditory kinesthetic (VAK) learning model with self-assessment. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012138
Andi, M.N. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectual, and Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 16 Makassar” (diakses pada 28 Juli 2023).
Anisa, W.N. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Peserta Didik SMP Negri di Kabupaten Garut. JP3M. Vo,1, No.1. PP.73-82.
Azrina Purba. 2019. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMK Melalui Pembelajaran Kontekstual”. MES: Journal of Mathematics Education and Science. Vol.5 No. 1
Beatrix,P.S. 2023. Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Pokok SPLDV Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa, (Vol. 2, No. 2) https://trilogi.pubmedia.id/index.php/trilogi/article/view/40/21
Bugin, B. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijaan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Kedua. Jakarta:Prenadamedia Group.
Creswell, J. W. 2013. Reasearch Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Belajar.
DePorter, B., & Hernacki, M. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa Learning.
E. N. Christina dan A. G. Adirakasiwi. 2021. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel”. JPMI. Vol 4, No. 2.
Febriani, S & Najibufahmi, M. 2022. Analisis Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa kelas VIII Sekolah Menengah. Konferensi Ilmiah Pendidikan. Vol, 3, No 2022. e-ISNN: 2963-3222.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Pustaka Belajar.
Gunawan, A. W. 2003. Genius Learning Strategy. Gramedia.
Komariah, A., & Satori, D. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Komariah, A., & Satori, D. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Locke, L., Silverman, S. J., & Spirduso, W. 2007. Proposal That Work: A Guide for Planning Dissertations and Grant Proposal (5th ed.). SAGE.
Midas, A.M. 2014. Ciri-ciri Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik. Posted 3 Juni 2014 by Kemahasiswaan STIKes Dharma Husada bandung. Diakses 20 Agustus 2023.
Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar (cetakan ke). Bumi Aksara.
Nasution, S. 2013. Berbagi Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nazir, M . 2017. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurfatanah, Rusmono, dan Nurjannah. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan dasar 2018. ISSN:2528-5564.
Prastowo, A. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.
Riadi, M. 2016. Pengertian dan Tahapan Pemecahan Masalah. Posted 23 April 2016 by Kajianpustaka.com, Diakses 20 Agustus 2023.
Rini, D. S. 2020. Boosting student critical thinking ability through project based learning, motivation and visual, auditory, kinesthetic learning style: A study on Ecosystem Topic. Universal Journal of Educational Research, 8(4), 37–44. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081806
Risnawati. 2018. The development of learning media based on visual, auditory, and kinesthetic (VAK) approach to facilitate students’ mathematical understanding ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1028, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012129
S. J. Khasanah, D. Permatasari, dan S. Komariyah. 2017. “Eksperimentasi Metode Gasing Berbasis Aplikasi Game Fedget Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. JP2M. Vol 3. No.2
Sriyanti, L. 2013. Psikologi Pendidikan. Ombak.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Wahyuni, Y. 2017. Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditoria, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM, 10.
Yusri Wahyuni. 2017. “Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditotial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM Vol. 10 No. 2
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |