PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI

Candra Wijaya, Zulyadaini Zulyadaini, Eni Defitriani, Ayu yarmayani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Selama proses pembelajaran berlangsung di sekolah faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa salah satunya, yaitu keyakinan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematis, atau disebut juga self efficacy. Self efficacy merupakan kayakinan diri yang dimiliki oleh setiap individu terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan uji regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengukur pengaruh yang signifikan antara self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah keseluruhan 108 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas yang diambil secara random sampling (acak). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan tes uraian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 21 terdiri dari analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan pengujian hipotesis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas.

 


Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy.

Full Text:

PDF

References


A’yuni, Qurrota. (2023). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X MAN 2 Malang pada Materi Sistem Persamaan Linier. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fitriyah, Lina Arifah, dkk. (2019). Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi. Jombang: UN Hasy.

Hamidah. (2015). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik. Prosiding Seminar Nasional, Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Jenab, Siti., dkk. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP untuk Mengetahui Pengaruh Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 1(5), 941-948.

Nurhanurawati, dkk. (2021). Dampak Self Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 3(2), 51-58.

Riawati, Beti. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Esteem Siswa pada Pembelajaran MiC Bernuansa Budaya Jepara. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Sariningsih, R. dan Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Vol. 1, No. 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Yanti, R. N. dkk. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.