PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN PMR PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 23 PURWOREJO

Siti Zainatun, Dita Yuzianah, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan alat penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes pemahaman konsep untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). 33 siswa kelas VIII F SMP Negeri 23 Purworejo menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini melalui tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan masing-masing siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitiannya adalah seluruh proses dan hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan pendekatan PMR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep meningkat dari 59,51% pada siklus I menjadi 82,20% pada siklus II. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada Siklus I terdapat 6 siswa yang tuntas dengan presentase 18,20% dan pada siklus II terdapat 30 siswa yang tuntas dengan presentase 93,80%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan PMR dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis.


Keywords


Pemahaman Konsep; Pembelajaran Berdiferensiasi; PMR

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. 2022. Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Materi Ajar Geometri Bermasis RME Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Volume 6 (4), 1179-1187.

Fajar, A. P., dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 9 (2), 229-239.

Firdaus, I. A., Zawawi, I., & Suryanti, S. 2022. Pengaruh Pendekatan Matematis Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 5 (4), 983-994.

Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 4301. Sekertariat Negara. Jakarta.

Jusmanidar. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Operasi Hitung melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Volume 1 (3), 12-18.

Kristanti, H., dkk. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SMPN 20 Tangerang Selatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Padang: Universitas Negeri Padang.

Ndiung, S., et al. 2021. The Effect of Treffinger Creative Learning Model with the Use RME Preinciples on Creative Thinking Sklill and Mathematics Learning Outcome. Internatinonal Journal of Instructino. Volume 14 (2), 873-888.

Siregar, K., Muliatik, S., & Harahap, Y. N. 2021. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Metematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Youtune. Jurnal Pendagogi dan Pembelajaran. Volume 4 (3), 443-449.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Utami, c. 2022. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Matematika Ilmiah. Volume 8 (1), 156-165.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.