EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, D. W. 2016. Differentiated instruction: solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. Volume 2(3).
BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Diakses dari https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigma-pendidikan-nasional-abad-xxi.pdf pada tanggal 25 Juli 2023.
Facione, P. A. 2011. Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment. Volume 1(1), 1-23.
Fauziah, U., & Fitria, Y. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu. Volume 6(2), 2836-2845.
Lailiyah, E. 2016. Pendekatan Differentiated Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Nabla Dewantara. Volume 1(2), 55-64.
Masitoh, S., & Cahyani, F. 2020. Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 8(1), 122-141.
Nitko, A. J. 1996. Educational assessment of students. Prentice-Hall Order Processing Center, PO Box 11071, Des Moines, IA 50336-1071.
Purba, M,. dkk. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Putra, I. M. Y. T. 2021. Implementasi pembelajaran flipped classroom berbasis strategi diferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development (IJED). Volume 2(3), 461-471.
Saniah, S. L., & Nindiasari, H. 2023. Efektivitas Flipped Classroom Diintegrasikan Dengan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). Volume 6(1), 151-158.
Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. 2017. Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains). Hal: 223-231.
Violita, F. 2013. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Payakumbuh. Doctoral dissertation: Universitas Negeri Padang.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.393
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |