EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Dwi Lestari, Mujiyem Sapti, Erni Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berbasis flipped classroom lebih baik dari pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siwa kelas VIII SMP Negeri 16 Purworejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas Kontrol dan Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu dokumentasi dan tes, sedangkan analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas Lilliefors, uji homogenitas Barrett, dan uji hipotesis uji T dengan α = 0,05. Terlihat dari rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen memperoleh sebesar 83,133 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 75,344. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 1,773 > 1,645 = ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis flipped classroom lebih baik dari strategi pembelajaran berdiferendiasi karena peserta didik akan lebih banyak menghabiskan waktu disekolah untuk proses diskusi serta tanya jawab karena pada proses pendalaman materi dilakukan di rumah hal ini sangat berperan penting dalam melatih pola pikir peserta didik, kemudian pembelajaran yang diterapkan peneliti juga memanfaatkan teknologi yaitu google classroom dan internet yang menjadikan siswa akan mendapatkan materi dari berbagai referensi, teknologi menjadikan peserta didik dapat belajar kritis, mengembangkan keingitahuan dan mengeksplorasi ide baru.

Keywords


Berpikir Kritis; flipped classroom; Berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Andini, D. W. 2016. Differentiated instruction: solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. Volume 2(3).

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Diakses dari https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigma-pendidikan-nasional-abad-xxi.pdf pada tanggal 25 Juli 2023.

Facione, P. A. 2011. Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment. Volume 1(1), 1-23.

Fauziah, U., & Fitria, Y. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu. Volume 6(2), 2836-2845.

Lailiyah, E. 2016. Pendekatan Differentiated Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Nabla Dewantara. Volume 1(2), 55-64.

Masitoh, S., & Cahyani, F. 2020. Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 8(1), 122-141.

Nitko, A. J. 1996. Educational assessment of students. Prentice-Hall Order Processing Center, PO Box 11071, Des Moines, IA 50336-1071.

Purba, M,. dkk. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Putra, I. M. Y. T. 2021. Implementasi pembelajaran flipped classroom berbasis strategi diferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development (IJED). Volume 2(3), 461-471.

Saniah, S. L., & Nindiasari, H. 2023. Efektivitas Flipped Classroom Diintegrasikan Dengan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). Volume 6(1), 151-158.

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. 2017. Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains). Hal: 223-231.

Violita, F. 2013. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Payakumbuh. Doctoral dissertation: Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.