PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial menggunakan video berbasis Powtoon untuk siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model yang digunakan yaitu ADDIE, yang meliputi: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementasi (Pelaksanaan), dan 5) Evaluation (Penilaian). Validasi dilakukan oleh 1 ahli desain, 1 ahli materi, dan 1 ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan dalam 3 tahap yaitu uji coba perorangan dengan subjek 3 orang siswa, uji coba kelompok kecil dengan subjek 6 orang siswa, dan uji coba lapangan dengan subjek 29 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) ahli desain diperoleh hasil rata-rata 3,9 yang termasuk kategori “Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 78,18% sehingga termasuk kategori “Layak”. 2) ahli materi diperoleh rata-rata 4,35 termasuk kategori “Sangat Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 87,14% termasuk kategori “Sangat Layak”. 3) ahli media diperoleh rata-rata 3,56 termasuk kategori “Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 71,25% termasuk kategori “Layak”. Penilaian oleh siswa: 1) uji coba perorangan diperoleh rata-rata 4,05 termasuk kategori “Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 81,03% termasuk kategori “Sangat Layak”. 2) uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata 4,06 termasuk kategori “Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 81,24% termasuk kategori “Sangat Layak”. 3) uji coba lapangan diperoleh rata-rata 4,32 termasuk kategori “Sangat Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 86,52% termasuk kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian video pembelajaran berbasis Powtoon materi aritmatika sosial ini dinyatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, N dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tegeh, I.M dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trina, Z dkk. 2017. Penerapan Media Animasi Audio Visual Menggunakan Software Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SMP Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. Vol. 2, No. 2.
Pangestu, M.D dan Wafa, A.A. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Materi Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Ekonomi. Vol. 11, No. 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i1.394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |