SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW HAMBATAN BELAJAR SISWA DALAM MATERI STATISTIKA TINGKAT SMP

Aulia Nabilla Saputri, Didi Suryadi, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Cabang matematika yang penting untuk dipelajari salah satunya adalah statistika. Dalam proses pembelajaran statistika, hambatan belajar sering kali dialami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar (learning obstacle) pada siswa dalam materi statistika tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak empat artikel jurnal nasional yang telah melewati kriteria yang telah ditentukan dalam kurun waktu 2017-2023. Berdasarkan kajian literatur yang telah dilakukan, diperoleh bahwa hambatan belajar yang dialami siswa meliputi hambatan ontogeni seperti kesulitan membuat dan membaca diagram, menentukan median, kuartil, dan rata-rata. Hambatan epistemologi seperti belum memahami konsep median, rata-rata, dan modus, keliru menggunakan rumus, dan kesalahan perhitungan. Hambatan didaktis karena guru sering kali langsung memberikan rumus dan meminta siswa untuk menghafal rumus yang diberikan sehingga membuat siswa cepat lupa rumus.


Keywords


JHS; Learning Obstacle; Statistika

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.