SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: LEARNING OBSTACLE DALAM MEMAHAMI NILAI PI(π) PADA MATERI LINGKARAN

Tanaya Eka Putri, Didi Suryadi, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, meninjau, dan menyebarkan penelitian yang relevan tentang hambatan belajar siswa dalam memahami nilai pi (π) pada materi lingkaran. Metode pandang sastra sistematik (SLR) digunakan untuk menjawab dua rumusan masalah penelitian: (1) Apa saja hambatan yang diidentifikasi dalam literatur terkait memahami Nilai pi (π) pada materi lingkaran? (2) Bagaimana hambatan-hambatan ini mempengaruhi hasil belajar siswa? Dari 34 artikel yang tersaring, hanya 7 artikel yang dikaji lebih mendalam. Penelitian ini mengungkap tiga tantangan utama yang dihadapi siswa dalam memahami nilai pi pada materi lingkaran. Pertama, kesulitan epistemologis, di mana siswa mengalami kesulitan memahami konsep abstrak nilai pi dan kelengkapan dengan keliling dan luas lingkaran. Kedua, tantangan ontogenik, di mana pengetahuan dan pengalaman siswa yang terbatas terkait lingkaran dan pengukurannya membuat mereka kesulitan menghubungkan konsep nilai pi dengan kehidupan nyata. Ketiga, kendala didaktis, di mana pendekatan pengajaran yang tidak tepat dan kekurangan sumber belajar yang mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai pi. Hambatan-hambatan ini berakibat pada penurunan nilai akademis siswa, karena kesulitan memahami konsep dan menyelesaikan soal matematika dapat menghambat prestasi belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami hambatan belajar siswa dalam memahami nilai pi pada materi lingkaran. Temuan penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk membantu siswa memahami nilai pi dan meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Hambatan Belajar; Lingkaran; Pi(π)

Full Text:

PDF

References


Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students‟ mathematical displacement and disposition ability. IOP Conf. Series, 948(1). IOP Publishing Ltd. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025

Dewi, N. W. D. P., Handayani, I. G. A., & Yasna, I. M. (2023). Pembelajaran Bangun Datar dalam Etnomatematika Jejahitan Bali (Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan), 21 (1) : 74 – 81

Hasibuan, V. A., Lestari, I., & Mailizar, &. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran di SMP PGRI 9 Jakarta. In Original Research.

Huda, N., Yuni, Y. (2022). Pembuktian Nilai “pi” Pada siswa SMP Dengan Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (02), 235-244

Maliana, R., & Diana, H. A. (2022). Analysis of Learning Obstacle on Circle Material at SMPS Nasional Amanah Bangsa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.54373/imeij.v3i1.29

Marlena, Yusmin, E., & Bistari. (2021). ANALISIS HAMBATAN BELAJAR BERDASARKAN KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN DI SMPN 13 PONTIANAK.

Melinda, A., Laurens, T., & Huwaa, N. C. (2020). ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs AL KHAIRAAT AMBON. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p21-29

Mizan, S. (2019). PEMAHAMAN NILAI PHI (π) TERHADAP RUMUS KELILING LINGKARAN PADA MAHASISWA PGSD 2018 UNIROW TUBAN. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (JPDN), 5. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v54i1.13053

Nur Alifah Suherman, W., Fitriani, N., Kadarisma, G., Siliwangi, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI LINGKARAN. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.231-238

Nurfadilah, A., Hakim, A. R., & Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.33

Retnawati, H., Arlinwibowo, J., Wulandari, N. F., & Pradani, R. G. (2018). TEACHERS‟ DIFFICULTIES AND STRATEGIES IN PHYSICS TEACHING AND LEARNING THAT APPLYING MATHEMATICS. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 120–125.

Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan, Badan Litbang Kesehatan, Kementerian Kesehatan Korespondensi.

Tri Lestari, D., Al Ghifari Nasution, H., Vani, Z., kunci, K., Siswa, K., & Berpikir Tingkat Tinggi, K. (2023). RELEVAN: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Yayasan Amanah Nur Aman ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL LINGKARAN KELAS VIII SMP HARAPAN MEKAR. 3(4).

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Triliana, T., & Asih, E. C. M. (2019). Analysis of students‟ errors in solving probability based on Newman‟s error analysis. IOP Conf. Series, 1211(1). IOP Publishing Ltd. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012061x




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.