PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Anzalna Rahma, Yeva Kurniawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) atas pemahaman konsep matematika siswa. Model pembelajaran PBL ini dipilih guna meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa. Penggunaan model PBL akan bisa membantu dan mendukung siswa dalam menguasai konsep atas materi yang telah diajarkan dengan lebih mendalam. Konsep tersebut diterapkan dalam pemecahan masalah dimana hal ini akan menguatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk eksperimen. Desain yang digunakan adalah pre-eksperiment guna mengetahui mengenai gejala atau pengaruh pada variabel-variabel sebagai akibat dari perlakuan tertentu. Bentuk desain pre-eksperiment yang akan dipilih adalah one group pretest-posttest design dimana sampel akan diberikan pretest sebelum perlakuan dan kemudian diberikan posttest setelah perlakuan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa dari kelas VII-F yang merupakan kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 7 soal pretest dan 7 soal posttest. Hasil uji normalitas menggunakan SPSS menunjukkan bahwa data telah terdistribusi normal dimana nilai signifikansi yang diperoleh saat pretest adalah  dan posttest adalah . Dari hasil perhitungan uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000  yang menunjukkan bahwa antara nilai mean pretest dengan nilai mean posttest terdapat perbedaan yang signifikan, artinya model pembelajaran PBL mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel. Kemudian analisis keefektivan N-Gain menurut hake, dari hasil perhitungan, diperoleh nilai mean sebesar 51,64 dengan kategori tingkat efektivitas model pembelajaran PBL kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa.


Full Text:

PDF

References


Arini, A.A.A.M. and Mahendra, I.W.E. (2016) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dan Bakat Numerik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik’, Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(1), pp. 1–7.

Gunantara, G., Suarjana, I.M. and Riastini, P.N. (2014) ‘Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V’, Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Habibi, H., Winiati, I. and Kurniawati, Y. (2020) ‘Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer’, Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), pp. 99–110. Available at: https://doi.org/10.35719/mass.v1i2.34.

Hake, R.R. (1999) ‘Analysing Change/Gain Score Woodland Hills Dept. of Physics’, Indiana University, 1.

Khoirotunnisa (2022) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika’, Jurnal Ilmiah Simantek, 2, pp. 168–179. Available at: https://www.simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/download/335/312.

Kurniawati, Y. and & Ummah, S. (2023) ‘Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis STEM-PBL Pada Materi Statistika’, Conscilience: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 48–62.

Linsida, L. et al. (2022) ‘PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII’, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), pp. 298–307.

Maryati, I. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), pp. 63–74. Available at: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342.

Muin, A. (no date) ‘UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI TEKNIK SCAFFOLDING’.

Murti, C.A., Djalil, A. and Sutiarso, S. (2015) ‘EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA’, pp. 288–295.

Permendikbud (2022) ‘SKL Permendikbud 5 tahun 2022’, Gastronomía ecuatoriana y turismo local., 1(69), pp. 5–24.

PISA (2022) ‘Programme for International Student Assessment (PISA 2022) Insights and Interpretations’.

Rafianti, I., Iskandar, K. and Haniyah, L. (2020) ‘Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa’, Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), pp. 97–110.

Rezesa Febiola Simanjuntak, Lois Oinike Tambunan, G.N.S. (2022) ‘Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP negeri 2 tapian dolok’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, pp. 6802–6810.

Savitri, D. and Izzati, N. (2023) ‘Analisis Learning Obstacle Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel’, Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), pp. 94–100.

Ulva, E., Maimunah, M. and Murni, A. (2020) ‘Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN Se-Kabupaten Kuantan Singingi pada materi aritmetika sosial’, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), pp. 1230–1238.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.