MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI VEKTOR KELAS XI-F2 SMAN 13 SEMARANG MELALUI MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN TaRL

Primanina Juwita Anggraheni, Hery Sutarto, Agus Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI-F2 SMAN 13 Semarang dalam menyelesaikan soal cerita pada materi vektor melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI-F2. Data diperoleh melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menyelesaikan soal cerita materi vektor setelah penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa meningkat dari 81 menjadi 87,6, dan pada siklus kedua meningkat lagi menjadi 91,56. Selain itu, observasi dari aktifitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Pada observasi aktivitas guru siklus I memperoleh skor sebesar 20 yang menujukan katagori penilaian cukup, kemudian pada siklus II naik menjadi 28 yang menunjukkan kategori baik. Pada observasi aktivitas siswa siklus I memperoleh skor sebesar 9 yang menujukan katagori penilaian cukup, kemudian pada siklus II naik menjadi 15 yang menunjukkan kategori baik. Dengan demikian, model PBL dengan pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi vektor dan dapat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran alternatif di kelas XI.

Keywords


Kemampuan menyelesaikan soal cerita; PBL; TaRL; Vektor.

Full Text:

PDF

References


Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). New York: McGraw-Hill.

Depdiknas,2006 Metode Penelitian Administrasi. Bandung Alfabet.

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at The Right Level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(1), 10-10.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Mumtahanah, I. N. (2018). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

(SPLDV) Berdasarkan Teori Polya Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Diakses dari

https://eprints.ums.ac.id/61254/14/NASKAH%20PUBLIKASI-283.pdf

Rudtin, N. A. (2013). Penerapan Langkah Polya dalam Model Problem Based Instruction Untuk MeningkatkanK emampuan Siswa penyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan MatematikaTadulako, 01 (01), 17-31. Diakses dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/1706/1123 .

Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2(2): 68-73.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.404

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.