KATEGORISASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI ALJABAR

Widha Daradika Aulia, Agung Prasetyo Abadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi Aljabar. Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis ini dikategorikan dalam tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Bekasi dengan sampel berjumlah 29 siswa, yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes, dengan instrumen yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 5 yang mewakili dari masing-masing indikator. Hasil dari penelitian ini siswa dengan kategori tinggi sebanyak 10,3%, kategori sedang 38%, dan kategori rendah 51,7%.


Keywords


aljabar; kategorisasi; kemampuan pemahaman konsep.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. A., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. JPBB: Jurnal Pendidikan, 1(4).

Arifin, Z., Al-Hikmah, S., Agung, B., & Kanan, W. (2020). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN EDUCATION RESEARCH METHODOLOGY.

Kartika, Y. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PADA MATERI BENTUK ALJABAR (Vol. 2).

Khairunnisa, N. C. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.

Lestari, S. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII MA Ma’Arif NU Cimanggu Kabupaten Cilacap). Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 32–37.

Meilawati, D. F. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR.

Rahman, T. (2020). KAJIAN TEORI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Symmetry : Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 197–213.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Zebua, V., & Yusri, R. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 6(2), 122–133.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.