ANALISIS KEKURANGAN MODEL PEMBELAJARAN BASED LEARNING PADA SISWA SMP

Alya Nur Najmi Laila, Didi Suryadi, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) telah menjadi pendekatan yang populer dalam lingkungan pendidikan karena mengintegrasikan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan situasional. Namun model ini juga bukannya tanpa kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kekurangan model PJBL pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode observasi kelas, wawancara, dan survei  siswa. Temuan ini mengungkapkan beberapa kekurangan penting dalam penerapan model PJBL pada siswa SMP. Fokus penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII di salah satu sekolah yang berada di Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan dari model pembelajaran PJBL. Selain itu pendekatan kualitatif juga digunakan di penelitian ini. Berikut dengan tes dan wawancaranya. Penelitian ini menghasilkan bahwa ada kekurangan dari pihak eksternal maupun internal.


Keywords


Kekurangan PJBL; Model Pembelajaran; Sekolah Menengah Pertama

Full Text:

PDF

References


Ilmi, R. W. et all (2022). Analisis kesulitan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar ditinjau dari keterampilan metakognisi kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application.

Radiusman. (2020). STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 1-8.

Nensi, M. (2020). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 19 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 1-8.

Wayan Rati N. et al. (2017). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Indonesia 6(1). 60-71.

Hasan, H. (2022). Project Based Learning: Pengertian, Kelebihan, Sintaks, dsb. Diakses pada Rabu, 15 Mei 2024, dari https://serupa.id/project-based-learning/

Suminto. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek: Karakteristik – Tujuan dan Prinsip. Diakses pada Rabu, 15 Mei 2024, dari https://haloedukasi.com/pembelajaran-berbasis-proyek




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.