EKSPLORASI PENGGUNAAN GAME EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN STATISTIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran berbantuan game edukasi Wordwall dalam pembelajaran statistika di SMP, khususnya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 di SMP 1 Pasundan Bandung, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII D sebanyak 27 siswa. Fokus materi pembelajaran adalah pemusatan data (mean, median, dan modus). Data dikumpulkan melalui tes tulis, tes dengan bantuan game edukasi, dan tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbantuan game edukasi Wordwall dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi statistika dalam jangka pendek. Mayoritas siswa (82,6%) berhasil menjawab soal dengan benar menggunakan media pembelajaran berbantuan game edukasi, sementara pada tes tulis, hanya 69,5% yang mencapai KKM. Ini menunjukkan bahwa meskipun media pembelajaran berbantuan game edukasi meningkatkan pemahaman dalam jangka pendek, diperlukan strategi tambahan untuk transfer pembelajaran yang efektif dalam evaluasi formal. Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa media pembelajaran berbantuan game edukasi Wordwall memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran statistika, namun strategi pendidikan tambahan diperlukan untuk memastikan transfer pembelajaran yang efektif dalam evaluasi formal. Penelitian lebih lanjut diusulkan untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dengan game edukasi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
References
Andari, A. M., Andriani, M., Habibi, M., & Risna Wati, R. W. (2023). Application of the Team-Assisted Individualization Learning Model to Improve Students’ Critical Thinking Skills in Mathematics in Fourth Grade Elementary Schools. Journal of Educational Sciences, 7(2), 224. https://doi.org/10.31258/jes.7.2.p.224-232
Anggraini, H. ika, Nurhayati, & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots Dengan Metode Digital Game Based Learning di sekolah dasar.
Asmadi, A. (2022). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Proses Belajar Online. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 945–962. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.1048
Brown, & Angelique E. (n.d.). Critical Thinking to Justify an Answer in Mathematics Classrooms. https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations
Budi Saptaaji, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Desain Pembelajaran Blended Learning dengan Wordwall. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 3).
Damarjati, S., & Miatun, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6442
Dwiyono, O. : (n.d.). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN PENGGUNAAN PERALATAN TANGAN (HAND TOOLS) DAN PERALATAN BERTENAGA (POWER TOOLS) EDUCATION GAME DEVELOPMENT AS INTERACTIVE LEARNING MEDIA OF DESCRIBES HAND TOOLS AND POWER TOOLS SUBJECT. http://journal.student.uny.ac.id/ojs
Fatmawati, H., mardiyana, & triyanto. (2014). ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN POLYA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT (Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). 2(9), 899–910. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Hasanah, U., Safitri, I., & Nasution, M. (2021). MENGANALISIS PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR BERBASIS GAME ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT OF MATHEMATICS LEARNING MEDIA ON GAME-BASED LEARNING OUTCOMES. 1(3), 204–211.
Karim, N. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JUCAMA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Vol. 3, Issue 1).
Karima, M. N. (n.d.). Analisis Peningkatan Keterampilan Problem-Solving Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan IDEAL Problem-Solving berbasis Game-Based Learning. Jurnal PETIK, 6(2), 2020–2071.
Khasanah, B. A., Dwi Ayu, I., Matematika, P., Muhammadiyah, S., & Lampung, P. (2017). Tenaga Pengajar pada Program Studi Pendidikan Matematika (Issue 2).
Kusumawardani, Nila Nurcahyaning, Sulaiman, & Raden. (n.d.). STUDENTS’ CRITICAL THINKING PROFILES IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS BASED ON ADVERSITY QUOTIENT (AQ).
López Martínez, A., & Candel Torres, I. (2015). Mobile devices in school in teaching / learning process – the roadmap. International Association of Technology, Education and Development (IATED).
Muhibatul Milah, A., Susilawati, W., Tutut Widiastuti, T. A., & Lesta Ariany, R. (2022). Technology Adaptation in Mathematics Learning. Gunung Djati Conference S Eries, 12.
Ninghardjanti, P., & Dirgatama, C. H. A. (2021). ANALYSIS OF THE NEED FOR INTERACTIVE LEARNING MEDIA BASED ON MOBILE LEARNING IN VOCATIONAL HIGH SCHOOLS. International Journal of Education and Social Science Research, 04(01), 243–247. https://doi.org/10.37500/ijessr.2021.4124
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Putra, A. P., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (n.d.). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA GAME EDUKASI TENTANG KERAGAMAN MASAKAN KHAS DAERAH-DAERAH DI INDONESIA UNTUK KELAS V SD.
Sa’adu Matazu, S., & Julius, E. (2018). Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN (Vol. 9, Issue 5). Online. www.iiste.org
Simatupang, T., & Appulembang, O. (2022). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH [THE CRITICAL THINKING ABILITIES OF GRADE 8 MATHEMATICS STUDENTS USING THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 138. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.4726
Sofri Fikri Arif, D., & Nur Cahyono, A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |