ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MELALUI DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN RME
Abstract
Pengajaran matematika perlu dirancang untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan matematika seperti kemampuan memahami, berkomunikasi, membuat koneksi, menalar, dan memecahkan masalah matematika. Keterampilan ini penting agar siswa dapat menerapkan dan menggunakan informasi matematika dalam kehidupan sehari-hari, yang sejalan dengan kemampuan literasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis yang dimiliki oleh siswa kelas VII melalui model discovery learning dengan pendekatan RME. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan instrumen tes berupa 3 soal uraian mengenai kemampuan literasi matematis. Tiga indikator kemampuan matematika yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) formulasi, 2) penerapan, dan 3) interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tinggi memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kategori sedang. Perbedaannya terletak pada kemampuan siswa dalam menuliskan jawaban tertulis berdasarkan masalah yang diberikan serta kecepatan siswa dalam mengerjakan dan memahami permasalahan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Astuti, A., & Leonard. (n.d.). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91
Febriana, R. (2023). Implementasi Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73–86.
Hidayat, M. T. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. In Jurnal Samudra Bahasa (Vol. 3). https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jsb.v3i1.2208
Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.59818/jpi.v2i1.187
Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derivat, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1057
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189–2198. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.697
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–2021. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V10I2.825
Purnama, A., & Aminah, M. (2024). Peningkatan Literasi Matematis di Sekolah Dasar melalui Pendekatan Guide Discovery Berbantuan E-learning. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2), 395–406. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/th.v(8)i(2).p(395-406)
Purwanti, K. L., & Mujiasih, M. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ditinjau dari Self-Efficacy. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 59–74. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.6975
Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) pada Siswa Kelas IV Semester I di SD Negeri IV Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. In Tahun (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12494
Wahyudi. (2016). Pengembangan Model Ralistic Mathematics Education (RME) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jppd.v4i1.21294
Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |