PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KERJASAMA SISWA KELAS IX SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334.
Gita Lestari, D., Irawati, H., Dahlan Jl Ringroad Selatan, A., Banguntapan, K., & Istimewa, D. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. BIOMA, 2(2), 51–59.
Hamzah, Ali. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hidayah Islami, V., Soeprianto, H., & Prayitno, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions terhadap hasil belajar matematika siswa. Juni 2021 Journal of Mathematics Education and Application, 1, 239.
Isjoni. (2016). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.
Kuncono, R. A., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2019). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 298-306.
Neliwati, N., Hasibuan, R. F., & Suciyandhani, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) di Kelas IV MIN Sunggal. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 631-640.
Nisaa, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89-97.
Oktavira, N. N., Robandi, B., & Saefudin, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 59-70.
Pratiwi, H. R., Juhanda, A., & Setiono, S. (2020). Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept. Journal Of Biology Education, 3(2), 110-121.
Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109-115.
Rofi’ah, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams-Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 145-153.
Santoso, Singgih. (2019). Mahir Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Kamputindo.
Septianingrum, A. D., & Safitri, A. (2023). Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran IPS untuk Mengembangkan Karakter di SD Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 77-84.
Siahaan, E., & Surya, E. (2020). Analisis pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pelajaran matematika. Medan: Program Studi Pendidikan Matematikam, FMIPA UNIMED.
Sudjana. (2021). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Tabrani, T., & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 200-213.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |