PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KERJASAMA SISWA KELAS IX SMP

Rizki Ramadhan Mafa, Elvis Napitupulu

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini guna mengetahui hasil belajar matematika dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada yang diajar menggunakan pembelajaran Konvensional pada Kelas IX SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen atau eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe T.P 2023-2024 dipilih sampel sebanyak dua kelas, yaitu siswa kelas IX-2 sebanyak 17 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IX-1 sebanyak 17 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pada penelitian ini data yang diolah adalah hasil belajar dan kerjasama siswa kelas IX SMP. Dengan menggunakan rumus uji-t, analisis uji-t dilakukan sebagai metode analisis data. Dari hasil penelitian rata-rata posttest kedua kelas dengan menggunakan membandingkan hasilnya didapatkan hasil kelas eksperimen yaitu sebesar 77,88 dan kelas kontrol sebesar 73,94 diperoleh sebuah kesimpulan bahwa hasil belajar matematika dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik dari model pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe tahun ajar 2023/2024.

Keywords


Hasil Belajar; Kerjasama; Pembelajaran Kooperatif STAD; Quasi Eksperimen

Full Text:

PDF

References


Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334.

Gita Lestari, D., Irawati, H., Dahlan Jl Ringroad Selatan, A., Banguntapan, K., & Istimewa, D. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. BIOMA, 2(2), 51–59.

Hamzah, Ali. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hidayah Islami, V., Soeprianto, H., & Prayitno, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions terhadap hasil belajar matematika siswa. Juni 2021 Journal of Mathematics Education and Application, 1, 239.

Isjoni. (2016). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Kuncono, R. A., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2019). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 298-306.

Neliwati, N., Hasibuan, R. F., & Suciyandhani, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) di Kelas IV MIN Sunggal. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 631-640.

Nisaa, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89-97.

Oktavira, N. N., Robandi, B., & Saefudin, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 59-70.

Pratiwi, H. R., Juhanda, A., & Setiono, S. (2020). Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept. Journal Of Biology Education, 3(2), 110-121.

Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109-115.

Rofi’ah, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams-Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 145-153.

Santoso, Singgih. (2019). Mahir Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Kamputindo.

Septianingrum, A. D., & Safitri, A. (2023). Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran IPS untuk Mengembangkan Karakter di SD Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 77-84.

Siahaan, E., & Surya, E. (2020). Analisis pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pelajaran matematika. Medan: Program Studi Pendidikan Matematikam, FMIPA UNIMED.

Sudjana. (2021). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Tabrani, T., & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 200-213.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.