PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Kristina Grace, Sahat Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan problem based learning dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan; (2) mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana pada tahap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning dimana rata-rata siswa pada tes kemampuan pemecahan masalah matematis siklus I sebesar 62,94, meningkat menjadi 80,47 pada siklus II dan ketuntasan klasikal pada tes kemampuan pemecahan masalah matematis siklus I sebanyak 17 siswa (53,13%) meningkat menjadi 28 siswa (87,5%) pada siklus II; (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berkategori baik, hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa yang sudah dapat memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Penelitian Tindakan Kelas; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arrahim., & Salbia, N. I. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi FPB dan KPK. PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1) : 53-59.

Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(2): 405-424.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3): 5-11.

Latifah Istiqomah Wardah, N., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Telukjambe Timur, K., Karawang, K., & Barat, J. (2021). Strategi Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3).

Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran MEA (Means Ends Analysis). Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1): 13-25.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Mataram: CV IRDH.

Nur, I. M., & Sari, D. P. (2021). Pemecaham Masalah Matemais Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Sifat Operasi Hitung Bilangan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Matematika), 2(1): 1-10.

Pradiarti, A.R., & Subanji. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(11): 379-390.

Supraptinah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Litbang Sukowato, 2(2): 48-59.

Wulandari, D. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas II SD Negeri II Kemloko dengan Menggunakan Model Make a Match. Jurnal Taman Cendekia, 1(2): 113-120.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.