SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS LEARNING OBSTACLE SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN

Syahrani Warsitarumanti, Didi Suryadi, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait learning obstacle siswa sekolah menengah pertama pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Artikel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kurun waktu 2019-2024. Kesulitan dalam memahami materi lingkaran bisa disebabkan karena beberapa hambatan belajar yaitu epistemological obstacle (hambatan dalam memahami konsep), ontogenical obstacle (hambatan kesiapan mental dan psikologis) dan didactical obstacle (hambatan pada bahan ajar dan penyampaian guru). Berdasarkan hasil kajian literatur yang dilakukan, diperoleh bahwa learning obstacle siswa pada materi lingkaran yang dikelompokkan menjadi tiga yaitu: 1) ontogenical obstacle, salah satunya karena siswa kurang motivasi dalam belajar sehingga siswa tidak siap untuk melakukan proses pembelajaran; 2) epistemological obstacle, salah satunya adalah kurangnya pengalaman siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan materi lingkaran; 3) didactical obstacle, salah satunya karena penyampaian guru dalam menjelaskan materi kurang tepat.


Keywords


Circle; Learning Obstacle; Systematic Literature Review

Full Text:

PDF

References


Brousseau G. (2002). Theory of Didactical Situation in Mathematics. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Diana, L., Vitaloka, T. Z., Wulandari, F., & Munfi, M. (2019). Learning Obstacle Siswa terhadap Konsep Geometri SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), (1)1, 390-399

Dewi, Z.A., Hakim, D.L. (2022). Learning Obstacle Peserta Didik pada Materi Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Bloom. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 327–339.

Fauzia, T.A., Juandi, D., Purniati, T. (2017). Desain Didaktis Konsep Barisan dan Deret Aritmetika pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, (1)2.

Lestari, A.D., Mujib, A., Desniarti. (2023). Learning Obstacle Siswa Kelas XI SMP pada Materi Garis Singgung. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(2), 127-137.

Maliana, R., & Diana, H. A. (2022). Analysis of Learning Obstacle on Circle Material at SMPS Nasional Amanah Bangsa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.54373/imeij.v3i1.29

Marlena, M. (2021). Analisis Hambatan Belajar Berdasarkan Kesalahan Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran Di Smpn 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(July), 1–23.

Riastuti, A. (2023). ANALISIS LEARNING OBSTACLES DALAM PEMBELAJARAN MATERI PELUANG BESERTA PENERAPANNYA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 707–715. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1109

Rosita, C.D., Maharani, A., Tonah, T., & Munfi, M. (2020). Learning Obstacle Siswa Pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, (9)2, 467-479.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(3)

Ulfa, N., Jupri, A., Darhim, & Kartika. (2020). Analysis of Learning Obstacles of Junior High School Students on The Topic of Circle. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3, 599–603. https://doi.org/10.14421/icse.v3.572

Yufentya W.E., Roza, Y, Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 197-202




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.