PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 TEBO

Windi Danika, Zulyadaini Zulyadaini, Relawati Relawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Tebo. Salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang interaktif dan masih didominasi oleh metode pembelajaran konvensional, yang membuat siswa kurang aktif dan cenderung pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition (AIR) berbantuan media Kahoot! terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 04 Tebo tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling sehingga terpilih dua kelas sampel dimana kelas VII.2 sebagai kelas ekperimen yang mengunakan model pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition (AIR) berbantuan media Kahoot!,  dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen meningkat dari 36,09 pada pretest menjadi 72,61 pada posttest. Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 37,58 pada pretest menjadi 64,69 pada posttest. Uji selisih dua rata-rata menggunakan uji-t menunjukkan bahwa  dan  pada taraf nyata 0,05. Karena  lebih besar dari pada , maka  diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition (AIR) berbantuan media Kahoot! terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Tebo dengan besar pengaruh sebesar 0,633 dan tergolong kedalam kategori sedang.


Keywords


Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, and Repetition, Media Kahoot!, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Elfira, M. S., & Syahfitri, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAS Al-Washliyah Pangkalan Brandan. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 123-131. Diakses pada 30 Oktober 2023 pukul 14.18 Wib dari https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/1171

Kurniasari, D., & Sritresna, T. (2022). Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 47-56. Diakses pada 06 Desember 2023 pukul 13.45 Wib dari https://karya.brin.go.id/id/eprint/16021/

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73. Diakses pada 06 Desember 2023 pukul 14.00 Wib dari https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/2127

Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 63-76. Diakses pada 06 Desember 2023 pukul 13.15 Wib dari https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/477

Rizqiani, A. S., Sridana, N., Junaidi, J., & Kurniati, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 232-239. Diakses pada 30 Oktober 2023 pukul 15.20 Wib dari https://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1138

Sahidun, M., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Model Pembelajaran Projek Based Learning Dan SAVI Ditinjau Dari Penalaran Matematis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 4798-4810. Diakses pada 30 Oktober 2023 pukul 12.36 Wib dari https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/6821

Sholichah, N. M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 1(3). Diakses pada 30 Oktober 2023 pukul 15.21 Wib dari https://www.jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/273

Zebua, S. G., Simanjuntak, R. M., & Hutauruk, A. J. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematissiswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 1 Sunggal TA 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 839-847. Diakses pada 30 Oktober 2023 pukul 12.00 dari https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9274




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.