ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM PROSES PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA KELAS XI FASE F SMA TRI SUKSES BOARDING SCHOOL JAMBI

Rezki Nurhidayah Khotimah, Eni Defitriani, Risma Simamora

Abstract


Kemampuan siswa dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah matematika tidak dapat diukur hanya dari hasil belajar siswa saja, tetapi dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam bermetakognisi. Kemampuan metakognisi yaitu kemampuan seseorang dalam mengolah kognitif nya agar sukses dalam proses pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa kelas XI Fase F SMA Tri Sukses Boarding School Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes soal uraian, wawancara dan kuesioner. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kategori subjek dengan kemampuan metakognisi rendah, sedang  dan tinggi. Instrument penelitian pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan instrument lainnya yaitu lembar soal tes matematika, pedoman wawancara, dan lembar kuesioner. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triagulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) subjek dengan kategori kemampuan metakognisi rendah belum memenuhi seluruh tahapan kemampuan metakognisi dengan baik dalam memecahkan masalah matematika. 2) subjek dengan kategori kemampuan metakognisi sedang telah berhasil memenuhi 3 indikator hanya saja kurang teliti pada tahap evaluasi.3) subjek dengan kemampuan metakognisi tinggi telah berhasil memenuhi semua indikator kemampuan metakognisi.


Keywords


Kemampuan Metakognisi; Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Ihsan, M. 2018. Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 129-140. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.257

Karatas, I., & Baki, A. 2017. The Effect Of Learning Environments Based On Problem Solving On Students’ Achievements Of Problem Solving. International Electronic Journal Of Elementary Education, 5(3), 249–267.

NCTM.2000.Principles and Standards for School Matematics.Reston.The National Council of Teachers of Matematics,Inc.

Rambe, K. N. 2020. Analisis Kemampuan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa .Doctoral dissertation, UNIMED.

Saputra,N,and Retno.2018. Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Dalam Proses Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unip. Muhammadiyah Metro.

Situmorang, A.S. 2016 Efektivitas Strategi Pembelajaraan Ekspositori Terhadap Pemahaman Kosep Matematika Mahasiwa Prodi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN 3(2):109- 119.

Sugiyono.2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Susanto, H. A. 2015. Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif. Yogyakarta:DEEPUBLISH, cv.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.