PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 TANJUNG JABUNG TIMUR

Balkis Napila, Harman Harman, Sri Dewi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan geogebra terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Negeri 23 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desaian penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 42 siswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh dua kelas sampel yang diberi perlakuan berbeda. Kelas sampel tersebut adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebeagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari empat soal uraian. Dari hasil analisis data yang dilakukan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen untuk pretest adalah 14,29 dan posttest 44,05 dengan simpangan baku kelas eksperimen pretest adalah 8,26 dan posttest 17,58 dan nilai rata-rata kelas kontrol untuk pretest adalah 12,38 dan posttest 35 dengan simpangan baku kelas kontrol pretest adalah 7 dan posttest 12,45. Serta hasil uji hipotesisnya diperoleh t_hitung=1,82 dan t_tabel=1,68. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan geogebra berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Serta berdasarkan hasil perhitungan uji Cohen’s effect size diperoleh pengaruhnya sebesar 0,562, nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang.Kata Kunci:Kemampuan Berpikir Kreatif; Creative Problem Solving

Full Text:

PDF PDF

References


Budiman, H., & Syayyidah, K. N. 2018. Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 11-16. Diakses pada 28 November 2023 Pukul 10:20 Wib dari http://dx.doi.org/10.31941/delta.v6i1.540

Febriana, O. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknikconcept Map terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Raden Intan Repository. Diakses pada 29 November 2023 Pukul 11:27 Wib dari http://repository.radenintan.ac.id/2553/

Helen, H., & Kusdiwelirawan, A. 2022. Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 7(1), 51-60. Diakses pada 12 Agustus 2024 Pukul

:11 Wib dari https://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/view/43965

Isrok’atun, Amalia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhaifi, A., Rufii, R., & Karyono, H. 2021. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220-230. Diakses pada 06 Desember 2023 Pukul 11:35 Wib dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/45080




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.