PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMAN 2 KOTA JAMBI

Dessya Dayu Anggita, Zulyadaini Zulyadaini, Ayu Yarmayani

Abstract


Pembelajaran merupakan proses interaksi siswa dengan guru dalam proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan keahlian dan kebiasaan, serta pembentukan perilaku dan kepercayaan pada siswa pada suatu lingkungan. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran e-learning. Media pembelajaran e-learning yang sering digunakan yaitu edmodo dan google clasroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning menggunakan media pembelajaran edmodo dan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok trigonometri. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam peelitian ini adalah siswa kelas X ipa SMAN 2 Kota Jambi yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan mengambil 2 kelas sampel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic uji-t pada taraf 5% (α = 0,05). Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, karena nilai lebih besar dari yaitu 1,73 dan 1,67 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa pada materi trigonometri dengan menggunakan media pembelajaran edmodo yaitu lebih baik dari menggunakan media pembelajaran google classroom.


Keywords


Edmodo; Google Clasroom; Media Pembelajaran E-Learning

Full Text:

PDF

References


Amir, A. 2014. Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 11(01), 18-33.

Lutfiyah, L dan D. N. Sulisawati. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 58-65.

Muhajir, M., R. Musfikar dan Hazrullah. 2019. Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar (Studi Kasus Di SMK Negeri AL Mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50-56.

Pradja, B., Raisa dan S. Julaeha. 2019. Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Aplikasi Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). 139-145

Pujiastutik, H. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 25-36.

Sadikin, A dan A. Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214-224.

Sudijono, A. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Wahyuningsih, D., dan R. Makmur. 2017. E-Learning Teori Dan Aplikasi. Bandung: Informatika




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v8i2.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.