PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan pembelajaran. Salah satunya adalah pendekatan matematika realistic. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan PMRI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pretest-postes only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Jambi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.1 (kelas eksperimen) dan VII.2 (kelas control). Instrumen yang digunakan adalah tes essay. Pengumpulan data digunakan dengan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa , dengan dan maka diperoleh 1,6753. Karena nilai yaitu , maka hipotesis ditolak. Artinya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan PMRI lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan konvensional
Keywords
References
Amidi, M. Zuhair Zahid. 2018. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016. Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E- Learning. Jurusan Matematika FKIP Universitas Negeri Semarang.
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562
Usman, M, R. (2014). Pembelajaran inkuiri model alberta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–84.
Zebua, S. G., Simanjuntak, R. M., & Hutauruk, A. J. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematissiswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 1 Sunggal TA 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 839-847. Diakses pada 30 Oktober 2023 pukul 12.00 dari https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9274
Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Thesis. Enschede: University of Twente.
Zulkardi, dan Ratu Ilma Indra Putri. 2010. Pengembangan Blog Support Untuk Membantu Siswa da Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP). (http://repository.unsri.ac.id/eprint/6777 , diakses pada 10 Januari 2021).
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.508
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |


