PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, A. M., Lenamah, A. S., & Babys, U. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri Siso. Didactical Mathematics, 4(2), 294–301. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2334
Fazryn, M., Adiansha, A. A., Syarifudin, S., Mariamah, M., & Diana, N. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(1), 42–51. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v3i1.279
Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515
Haryanti, C. F. (2024). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Waru. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 135. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7431
Ikbal, M. S., . M., Ali, M., & Setianingsih, E. (2020). Hubungan Penalaran Formal dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTsN Model Makassar. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(2), 38–45. https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.729
Izzati, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kapita Selekta melalui Penerapan Model Mind Mapping. EduMa, 5(2), 60–69.
Kurniawati, A., & Ramlah. (2021). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Soal TIMSS pada Materi Bilangan. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 130–138.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Nugroho, A. A., Nizaruddin, N., Dwijayanti, I., & Tristianti, A. (2020). Exploring students’ creative thinking in the use of representations in solving mathematical problems based on cognitive style. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(2), 202–217. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i2.9983
Nurkhaeriyyah, T. S., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs di Kabupaten Cianjur pada Materi Teorema Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 827. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p827-836
Richardo, E. Y., & Kholifah, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Minat Belajar melalui Game Edukasi Wordwall. Journal of Educational Review and Research, 6(2), 161–169. https://doi.org/10.26737/jerr.v6i2.5178
Riswari, L. A., Ramdani, S., & Laili, M. K. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VI dalam Memecahkan Pertanyaan Matematika. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 33–45. https://doi.org/10.24929/alpen.v8i1.271
Riyanto, O. R., Widyastuti, Yustitia, V., Oktaviyanthi, R., Sari, N. H. M., Izzati, N., Sukmaangara, B., Indartiningsih, D., Wibowo, A., Maharbid, D. A., & Wahid, S. (2024). Kemampuan Matematis (Saluky (ed.); Issue July). CV. Zenius Publisher.
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical Representation Ability Through Geogebra-Assisted Project-Based Learning Models. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1657/1/012019
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Shujianto, D. L., Azmi, S., Tyaningsih, R. Y., & Turmuzi, M. (2024). Hubungan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep dengan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 98–110. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.6898
Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 14. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.14-29
Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The Ability of Understanding Mathematical Concept and Self-Regulated Learning Using Macromedia Flash Professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074
Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369
Wicaksono, W., Sugiyanti, S., & Zuhri, M. S. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bertipe Higher Order Thinking Skills Ditinjau dari Gaya Belajar dan Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(5), 369–382. https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.16653
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.518
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |


