PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Nurma Izzati, Nurkhamdalah Nurkhamdalah, Subatul Ulum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one-shot case study . Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Pangenan Cirebon tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 150 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling . Terpilih kelas IX A sebanyak 30 siswa. Tenkik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari tes kemampuan penalaran dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil regresi menunjukkan bahwa koefisien regresi sebesar 1,063. Kemampuan penalaran memberikan pengaruh sebesar 85,9% terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar.

Keywords


Bangun Ruang Sisi Datar; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Kemampuan Penalaran Matematis

Full Text:

PDF

References


Abi, A. M., Lenamah, A. S., & Babys, U. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri Siso. Didactical Mathematics, 4(2), 294–301. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2334

Fazryn, M., Adiansha, A. A., Syarifudin, S., Mariamah, M., & Diana, N. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(1), 42–51. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v3i1.279

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515

Haryanti, C. F. (2024). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Waru. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 135. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7431

Ikbal, M. S., . M., Ali, M., & Setianingsih, E. (2020). Hubungan Penalaran Formal dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTsN Model Makassar. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(2), 38–45. https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.729

Izzati, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kapita Selekta melalui Penerapan Model Mind Mapping. EduMa, 5(2), 60–69.

Kurniawati, A., & Ramlah. (2021). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Soal TIMSS pada Materi Bilangan. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 130–138.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nugroho, A. A., Nizaruddin, N., Dwijayanti, I., & Tristianti, A. (2020). Exploring students’ creative thinking in the use of representations in solving mathematical problems based on cognitive style. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(2), 202–217. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i2.9983

Nurkhaeriyyah, T. S., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs di Kabupaten Cianjur pada Materi Teorema Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 827. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p827-836

Richardo, E. Y., & Kholifah, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Minat Belajar melalui Game Edukasi Wordwall. Journal of Educational Review and Research, 6(2), 161–169. https://doi.org/10.26737/jerr.v6i2.5178

Riswari, L. A., Ramdani, S., & Laili, M. K. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VI dalam Memecahkan Pertanyaan Matematika. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 33–45. https://doi.org/10.24929/alpen.v8i1.271

Riyanto, O. R., Widyastuti, Yustitia, V., Oktaviyanthi, R., Sari, N. H. M., Izzati, N., Sukmaangara, B., Indartiningsih, D., Wibowo, A., Maharbid, D. A., & Wahid, S. (2024). Kemampuan Matematis (Saluky (ed.); Issue July). CV. Zenius Publisher.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical Representation Ability Through Geogebra-Assisted Project-Based Learning Models. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1657/1/012019

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Shujianto, D. L., Azmi, S., Tyaningsih, R. Y., & Turmuzi, M. (2024). Hubungan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep dengan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 98–110. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.6898

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 14. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.14-29

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The Ability of Understanding Mathematical Concept and Self-Regulated Learning Using Macromedia Flash Professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Wicaksono, W., Sugiyanti, S., & Zuhri, M. S. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bertipe Higher Order Thinking Skills Ditinjau dari Gaya Belajar dan Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(5), 369–382. https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.16653




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.