PENGEMBANGAN E-LKPD MATEMATIKA ADAPTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI ERA DIGITAL

Eka Radianti Istiqomah, Lady Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) adaptif pada mata pelajaran matematika yang dirancang berdasarkan pendekatan Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ADD, yang terdiri atas tiga tahap utama: analisis, perancangan, dan pengembangan. Pendekatan ini dipilih karena sesuai untuk pengembangan awal perangkat pembelajaran tanpa melalui implementasi dan evaluasi berskala luas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI E di SMA Muhammadiyah 3. Materi yang dikembangkan dalam e-LKPD ini adalah Transformasi Geometri, dengan penekanan pada tahapan eksploratif dalam Discovery Learning. Proses pengumpulan data meliputi validasi oleh ahli dan praktisi menggunakan instrumen lembar validasi serta penyebaran angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan layak digunakan, serta memperoleh respon positif dari siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang berbasis Discovery Learning dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan relevan untuk mendukung proses belajar matematika di era digital.

Keywords


Adaptif; Discovery Learning; E-LKPD; Liveworksheets

Full Text:

PDF

References


Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2024). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning (PBL) pada topik sudut. PYTHAGORAS: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200.

Aldalur, I., & Perez, A. (2023). Gamification and Discovery Learning: Motivating and involving students in the learning process. Heliyon, 9(1).

Alfatih, A. M., Jannah, H., & Raharjo, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Multimedia Interaktif di Madrasah ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 128–141.

Amalia, Y. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Geometri Transformasi pada Kelas VII di SMP Negeri 2 Kuala Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1).

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan pendekatan etnomatematika pada materi teorema phytagoras. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1).

Dinda, D., Ambarita, A., Herpratiwi, H., & Nurhanurawati, N. (2021). Pengembangan lkpd matematika berbasis pbl untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD matematika berbasis problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929.

Farida, G., Engol, S., Tindangen, M., & Yulliono, Y. (2024). Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan E-LKPD Liveworksheets pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 8–14.

Fitni, F., Suanto, E., & Maimunah, M. (2023). Pengembangan Lkpd Elektronik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2224–2237.

Hasanah, S. N., Cholily, Y. M., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2021). Literasi Digital Siswa DAlam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (SGF). AKSIOMA, 10(3), 1736–1744.

Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD elektronik berbasis masalah terintegrasi nilai karakter percaya diri untuk keterampilan pemecahan masalah matematika SD di era digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439.

Herlina, S., Kusumah, Y. S., & Juandi, D. (2023). Digital literacy: student perception in mathematics learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3115–3126.

Indriani, S., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respon peserta didik terhadap E-LKPD berbantuan Liveworksheets sebagai bahan ajar segitiga dan segiempat. Journal on Teacher Education, 3(2), 315–323.

Liesandra, S. O., & Nurafni, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri Datar Berbasis Etnomatematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2498–2510.

Mawaddah, E. N., Armis, A., & Maimunah, M. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Konten Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase-D. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1748–1762.

Muhammad, I., Darmayanti, R., Arif, V. R., & Afolaranmi, A. O. (2023). Discovery Learning Research in Mathematics Learning: A Bibliometric Review. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–33.

Nugraha, G., & Supianti, I. I. (2020). Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 78–87.

Nurkomaria. (2020). J I P P UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARANDISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 70 JAKARTA. https://jurnalcendekia.id/index.php/jipp/

Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis Liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.

Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). Pengembangan LKPD elektronik pembelajaran tematik berbasis high order thinking skill (Hots). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(2), 112–118.

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [the Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1–12.

Sari, S. M., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan media pembelajaran Powtoon berbasis problem based learning pada materi ekosistem muatan IPA kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 288–298.

Sidabutar, S. F. J., & Siregar, N. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 10(1), 32–41. https://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/18528

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD berkarakteristik budaya Jambi menggunakan model Discovery Learning berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). 1249-1264. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.629

Syahputri, D. N., Solikhin, F., & Nurhamidah, N. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 67–74.

Wahyuningsih, E., & Wibowo, S. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN LIVE WORKSHEET MATERI KERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SDN 1 SEDAYU WONOSOBO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 88–97.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.