ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PLSV BERDASARKAN GENDER

Niza Nur Rohmah, Dian Septi Nur Afifah

Abstract


ABSTRAK
Dalam kegiatan belajar, berpikir secara kreatif sangat penting bagi siswa, karena mereka diharapkan dapat memahami, menguasai, dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Namun, pada kenyataannya cara berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah masih tergolong rendah, sebab guru belum secara khusus memfokuskan pengembangan kreatifitas dalam pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu perbedaan gender. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah PtLSV berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas VIII C SMP Negeri 2 Gondang. Instrumen penelitian ini berupa tes proses berpikir kreatif dan wawancara. teknik pengumpulan data berupa tes proses berpikir kreatif dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, proses berpikir kreatif siswa laki-laki dimulai dari mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan, dan terakhir menerapkan ide. Proses berpikir kreatif siswa perempuan dimulai dari mensintesis ide. Setelah tahap membangun ide, dalam tahapan ini subjek cenderung kembali memahami soal yang diberikan. Proses selanjutnya yaitu perencanaan penerapan, namun dalam hal ini subjek masih ragu-ragu sehingga sering memahami soal kembali. Tahap terakhir yaitu penerapan ide, subjek mampu memperoleh jawaban yang benar. Dengan adanya penelitian ini guru diharapkan mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Selain itu, siswa dapat mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah, mengemukakan ide-ide baru serta meningkatkan motivasi dan minat belajar yang lebih tinggi.
Kata Kunci :
Proses Berpikir Kreatif; Jenis kelamin; Pemecah Masalah


Full Text:

PDF

References


Alkhoiri, M. H., Zuhri, M. S., & Muhtarom,

M. (2022). Proses Berpikir Kreatif

Matematis dalam Menyelesaikan Pokok

Bahasan SPLDV pada Peserta Didik

SMA Kelas X Berdasarkan Perbedaan

Jenis Kelamin. Imajiner: Jurnal

Matematika Dan Pendidikan

Matematika,

(2), 150–155.

https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.9

Arvianto, I. R. (2018). Proses Berpikir

Kreatif Mahasiswa dalam Pengajuan

Masalah Matematika Ditinjau dari

Perbedaan Gender. JIPM (Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2),

https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2180

Bharata. (2017). Proses Berpikir Kreatif

Matematis Siswa Ditinjau Dari

Pengetahuan Awal Tinggi Dan

Perspektif Gender. Posiding Seminar

Nasional Matematika Dan Pendidikan

Matematika 2017, 1, 175–184.

Cahyati, V. I., & Siswono, T. Y. E. (2022).

Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP

dalam Memecahkan Masalah Numerasi

Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ).

Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan

Matematika,

(1), 748–760.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.

Dewa, D. O., & Listiani, W. (2023). Proses

Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam

Memecahkan Masalah Bilangan Bulat.

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,

(13), 735–743.

https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIW

P%0AProses

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E.

(2018). Dilla, S. C., Hidayat, W., &

Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender

dan Resiliensi dalam Pencapaian

Kemampuan Berpikir Kreatif

Matematis Siswa SMA.Journal of

Medives, 2(1),.pdf. 2(1), 129–136.

Fathoni, M. A., & Siswono, T. Y. E. (2023).

Proses Berpikir Kreatif Siswa SMA

dalam Menyelesaikan Masalah

Kontekstual Materi Fungsi Kuadrat.

MATHEdunesa,

(3), 780–796.

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v

n3.p780-796

Jagom, Y. O., Uskono, I. V, Dosinaeng, W.

B. N., & Lakapu, M. (2021). Proses

Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal

Cendekia : Jurnal Pendidikan

Matematika, 05(01), 682–691.

Komariyah, S., Septi, D., Afifah, N., &

Resbiantoro, G. (2018). Analisis

Pemahaman Konsep dalam

Memecahkan Masalah Matematika

Ditinjau dari Minat Belajar Siswa.

SOSIOHUMANIORA : Jurnal Ilmiah

Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8.

Kurniawati, R., & Hartanto, S. (2025).

Pemahaman Konsep Siswa pada Masalah Program Linear Ditinjau dari

Kemandirian Belajar dan Gender.

Edukreatif : Kreativitas Dalam

Pendidikan, 6(1), 126–138.

Maryanto, N. R., & Siswanto, R. D. (2021).

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif

Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif

dan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika,

(1), 109–118.

https://doi.org/10.55099/jmt.v3i2.85

Nurfajrianti, N., Hidayat, E., & Natalliasari,

I. (2023). Proses Berpikir Kreatif

Peserta Didik dalam Menyelesaikan

Masalah Matematika Ditinjau dari

Adversity Quotient ( AQ ). 2(4), 198–

Pangestu, N. S. (2019). Proses Berpikir

Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan

Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan

Tahapan Wallas Mosharafa : Jurnal

Pendidikan Matematika Mosharafa :

Jurnal Pendidikan Matematika. 8, 215–

Risaldi, R., Susiswo, S., & Irawati, S.

(2023). Berpikir Kreatif Siswa SMP

dalam Memecahkan Masalah

Matematika Berdasarkan Gender.

Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan

Matematika,

(3), 2437–2451.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.

Rizqiani, S. A., & Hayuhantika, D. (2019).

Analisis metakognisi dalam

penyelesaian masalah matematika

ditinjau dari tingkat kemampuan

matematika. 5(1), 26–32.

Rizqiyati, A. M., & Kumala, F. Z. (2023).

Analisis Proses Berpikir Kreatif

Matematis Siswa dalam Menyelesaikan

Masalah Matematika Persamaan dan

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Ditinjau dari Tipe Kepribadian

Extrovert dan Introvert. Symmetry |

Pasundan Journal of Research in

Mathematics Learning and Education,

, 46–61.

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1

.7081

Safitri, A., & Rasyid, I. (2024). Analisis

Kemampuan Berpikir Kreatif

Matematis Siswa Ditinjau dari Gender.

Jurnal Pendidikan Matematika : Judika

Education, 7(2).

Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022).

Kemampuan Berpikir Kreatif

Matematis dan Belief Siswa pada

Materi Persamaan dan Pertidaksamaan

Linear. Plusminus : Jurnal Pendidikan

Matematika, 1, 275–288.

Sholikhah, R. N. (2019). Proses Berpikir

Kreatif Siswa Smp Dalam

Memecahkan Masalah Matematika

Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan

Matematika Dan Jenis Kelamin. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2),

–427.

Widyastuti, A. C., Permana, D., & Sari, I. P.

(2018). Analisis Kemampuan Berpikir

Kreatif Matematis Siswa Dalam

Menyelesaikan Masalah Matematika

Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Dilihat Dari Gender. JPMI (Jurnal

Pembelajaran Matematika Inovatif),

(2), 145.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p145

-148




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.