ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PLSV BERDASARKAN GENDER
Abstract
ABSTRAK
Dalam kegiatan belajar, berpikir secara kreatif sangat penting bagi siswa, karena mereka diharapkan dapat memahami, menguasai, dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Namun, pada kenyataannya cara berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah masih tergolong rendah, sebab guru belum secara khusus memfokuskan pengembangan kreatifitas dalam pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu perbedaan gender. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah PtLSV berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas VIII C SMP Negeri 2 Gondang. Instrumen penelitian ini berupa tes proses berpikir kreatif dan wawancara. teknik pengumpulan data berupa tes proses berpikir kreatif dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, proses berpikir kreatif siswa laki-laki dimulai dari mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan, dan terakhir menerapkan ide. Proses berpikir kreatif siswa perempuan dimulai dari mensintesis ide. Setelah tahap membangun ide, dalam tahapan ini subjek cenderung kembali memahami soal yang diberikan. Proses selanjutnya yaitu perencanaan penerapan, namun dalam hal ini subjek masih ragu-ragu sehingga sering memahami soal kembali. Tahap terakhir yaitu penerapan ide, subjek mampu memperoleh jawaban yang benar. Dengan adanya penelitian ini guru diharapkan mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Selain itu, siswa dapat mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah, mengemukakan ide-ide baru serta meningkatkan motivasi dan minat belajar yang lebih tinggi.
Kata Kunci :
Proses Berpikir Kreatif; Jenis kelamin; Pemecah Masalah
Full Text:
PDFReferences
Alkhoiri, M. H., Zuhri, M. S., & Muhtarom,
M. (2022). Proses Berpikir Kreatif
Matematis dalam Menyelesaikan Pokok
Bahasan SPLDV pada Peserta Didik
SMA Kelas X Berdasarkan Perbedaan
Jenis Kelamin. Imajiner: Jurnal
Matematika Dan Pendidikan
Matematika,
(2), 150–155.
https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.9
Arvianto, I. R. (2018). Proses Berpikir
Kreatif Mahasiswa dalam Pengajuan
Masalah Matematika Ditinjau dari
Perbedaan Gender. JIPM (Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2),
https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2180
Bharata. (2017). Proses Berpikir Kreatif
Matematis Siswa Ditinjau Dari
Pengetahuan Awal Tinggi Dan
Perspektif Gender. Posiding Seminar
Nasional Matematika Dan Pendidikan
Matematika 2017, 1, 175–184.
Cahyati, V. I., & Siswono, T. Y. E. (2022).
Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP
dalam Memecahkan Masalah Numerasi
Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ).
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan
Matematika,
(1), 748–760.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.
Dewa, D. O., & Listiani, W. (2023). Proses
Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam
Memecahkan Masalah Bilangan Bulat.
Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,
(13), 735–743.
https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIW
P%0AProses
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E.
(2018). Dilla, S. C., Hidayat, W., &
Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender
dan Resiliensi dalam Pencapaian
Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Siswa SMA.Journal of
Medives, 2(1),.pdf. 2(1), 129–136.
Fathoni, M. A., & Siswono, T. Y. E. (2023).
Proses Berpikir Kreatif Siswa SMA
dalam Menyelesaikan Masalah
Kontekstual Materi Fungsi Kuadrat.
MATHEdunesa,
(3), 780–796.
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v
n3.p780-796
Jagom, Y. O., Uskono, I. V, Dosinaeng, W.
B. N., & Lakapu, M. (2021). Proses
Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal
Cendekia : Jurnal Pendidikan
Matematika, 05(01), 682–691.
Komariyah, S., Septi, D., Afifah, N., &
Resbiantoro, G. (2018). Analisis
Pemahaman Konsep dalam
Memecahkan Masalah Matematika
Ditinjau dari Minat Belajar Siswa.
SOSIOHUMANIORA : Jurnal Ilmiah
Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8.
Kurniawati, R., & Hartanto, S. (2025).
Pemahaman Konsep Siswa pada Masalah Program Linear Ditinjau dari
Kemandirian Belajar dan Gender.
Edukreatif : Kreativitas Dalam
Pendidikan, 6(1), 126–138.
Maryanto, N. R., & Siswanto, R. D. (2021).
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif
dan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika,
(1), 109–118.
https://doi.org/10.55099/jmt.v3i2.85
Nurfajrianti, N., Hidayat, E., & Natalliasari,
I. (2023). Proses Berpikir Kreatif
Peserta Didik dalam Menyelesaikan
Masalah Matematika Ditinjau dari
Adversity Quotient ( AQ ). 2(4), 198–
Pangestu, N. S. (2019). Proses Berpikir
Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan
Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan
Tahapan Wallas Mosharafa : Jurnal
Pendidikan Matematika Mosharafa :
Jurnal Pendidikan Matematika. 8, 215–
Risaldi, R., Susiswo, S., & Irawati, S.
(2023). Berpikir Kreatif Siswa SMP
dalam Memecahkan Masalah
Matematika Berdasarkan Gender.
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan
Matematika,
(3), 2437–2451.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.
Rizqiani, S. A., & Hayuhantika, D. (2019).
Analisis metakognisi dalam
penyelesaian masalah matematika
ditinjau dari tingkat kemampuan
matematika. 5(1), 26–32.
Rizqiyati, A. M., & Kumala, F. Z. (2023).
Analisis Proses Berpikir Kreatif
Matematis Siswa dalam Menyelesaikan
Masalah Matematika Persamaan dan
Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Ditinjau dari Tipe Kepribadian
Extrovert dan Introvert. Symmetry |
Pasundan Journal of Research in
Mathematics Learning and Education,
, 46–61.
https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1
.7081
Safitri, A., & Rasyid, I. (2024). Analisis
Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Siswa Ditinjau dari Gender.
Jurnal Pendidikan Matematika : Judika
Education, 7(2).
Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022).
Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis dan Belief Siswa pada
Materi Persamaan dan Pertidaksamaan
Linear. Plusminus : Jurnal Pendidikan
Matematika, 1, 275–288.
Sholikhah, R. N. (2019). Proses Berpikir
Kreatif Siswa Smp Dalam
Memecahkan Masalah Matematika
Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan
Matematika Dan Jenis Kelamin. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2),
–427.
Widyastuti, A. C., Permana, D., & Sari, I. P.
(2018). Analisis Kemampuan Berpikir
Kreatif Matematis Siswa Dalam
Menyelesaikan Masalah Matematika
Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Dilihat Dari Gender. JPMI (Jurnal
Pembelajaran Matematika Inovatif),
(2), 145.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p145
-148
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.535
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |


