PROFIL RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI REPRESENTASI GAMBAR
Abstract
Resiliensi penting dimiliki oleh siswa karena resiliensi matematis dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil resiliensi matematis siswa dalam memecahkan masalah aljabar dengan representasi gambar dan simbolik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pemecahan masalah aljabar, lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pemecahan masalah aljabar untuk mengetahui kemempuan pemecahan masalah berdasarkan langkah polya. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui indikator resiliensi matematis siswa dan wawancara digunakan untuk melengkapi resiliensi matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat resiliensi tinggi mampu menunjukkan ketekunan, mencoba strategi, menggunakan model, dan tidak mudah menyerah baik dalam representasi gambar. Siswa dengan resiliensi rendah hanya menunjukkan sedikit indikator resiliensi, seperti membaca ulang dan bertanya, serta tidak mampu melanjutkan proses pemecahan masalah dengan baik.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i2.542
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |


